Beranda > Kiat > Google bikin saya Pegel

Google bikin saya Pegel

3 Juli 2009

Ketika sedang mampir ke Facebook,tiba-tiba YM blinking,memberitahu bahwa mas Yunan Shalimow punya barang baru.Mendengar ada barang baru,saya langsung ngacir ke Senayan.Sayalihat mas Shalimow ngiming-imingi 3 artikel yang masih anget yaitu:

1.Cara Pengajuan Banding PR drop ke Google.

2.Ganti Themes Blog 30 Juni 2009.

3.Cara Mencari Janda Seksi.

Saya memutuskan untuk menggarap artikel Cara mencari Janda Seksi nanti malam saja biar khusuk,he..he..he.

Saya baca dan cermati Cara Pengajuan Banding PR Drop ke Google.Disitu Mas Shalimow memberikan  4 point petunjuk,dua diantaranya berbunyi:

  • Silahkan anda login ke layanan Google dahulu (melalui gmail ataupun akon blogger, yang anda miliki).
  • Selanjutnya lakukan pengaktifan fitur webmaster tool Google terhadap blog anda, sehingga bisa di crawl dengan baik oleh mesin Google.

Walau PR saya tidak ngedrop (karena emang kosong alias 0 tembem) saya tetap mencoba mengikuti petunjuk si mbah,hitung-hitung belajar.Saya mengklik:webmaster tool google.Selanjutnya saya memasukkan blog untuk diverifikasi(ini juga iseng untuk mengetahui status blog).Eh muncul jawaban seperti ini :

Site URL

http://mascholik.wordpress.com/

Verification status

NOT VERIFIED

Last attempt Jul 1, 2009: We couldn’t find the verification meta tag.

Terus saya disuruh memasang meta tag dengan cara : Copy the meta tag below, and paste it into your site’s home page. It should go in the <head> section, before the first <body> section.

<meta name="verify-v1" content="NsgEoYTCFKlcP1l66K1r85TJD7KzGRg3j7F6G6oUjUU=" >

Karena saya belum tahu cara,maka saya minta contohnya.Ini contoh dari Google:

<html>

<head>

<meta content=”NsgEoYTCFKlcP1l66K1r85TJD7KzGRg3j7F6G6oUjUU=” >

<title> My title </title>

</head>
<body>

page contents

</body>

</html>

Setelah meng-copy meta tag lalu saya coba pasang diberanda blog,kemudian saya klik untuk verifikasi,ternyata jawabannya sama.Lalu saya coba  Verifying with HTML,hasilnya juga tetap mbosoki.

Hlaaaa, gimana dong,apa ada yang salah masang ya.Maklum ndesit.Yo wis lah,mungkin Google takut sama saya.Kayaknya lebih ramah Alexa,walaupun siang tadi traffic rank saya malah turun.Janzurit tenan.

Karena penasaran maka saya cari artikel yang berhubungan dengan verifikasi blog.Setelah membaca artikel terkait ternyata hasilnya agak melegakan karena :“Verification doesn’t affect PageRank or affect your site’s performance in Google’s search results”.

So,pelan-pelan saja belajar soal verifikasi agar blog saya bisa di crawl oleh Google.

Benar kan Google

5s7aubc8hn

  1. 3 Juli 2009 pukul 02:58

    Sabar wae pakdhe, untuk mendapatken PR Google memang tidak semudah itu. Coba lagi browsing, aku pernah kok ndapetin cara untuk mempublish blog ke mbah Google cuma lupa alamatnya, padahal WP kan sudah pasti di publish ke Gugel to. Kok iso yo? Coba lagi pakde jangan menyerah. Aku sendiri dulu nggak pernah ngarep-arepin gituan kok, sing penting mbendino nulis, okeh tamune, ngerti-ngerti makbedunduk PRe 1. Bareng wayah rame meneh langsung teluik, dadi rung tau 2.
    Wew, pertamax ya. LANJUTKEN! :D

    Saya bukan mempermasalahkan pageranknya mas tetapi masalah NON VERIFIEDnya itu saja.Rasanya kayak duduk diatas telur gitu lho,jadi ingin tahu bagaimana supaya bisa diverifikasi dan bagaimana masang meta tagnya.Makasih pertamaxnya mas.

    • 3 Juli 2009 pukul 21:37

      rasane gimana duduk di atas telur p dhe???

  2. 3 Juli 2009 pukul 03:10

    Coba di cek neng kene pakde http://www.googlepagerankchecker.com/ Mahku yo padha wae kok NOT Verified, aku mbiyen nggawene WP nganggo yahooik udu gmail, apa kui yo masalahe? :roll:

    Bukan soal yahuik atau gmuik mas,tapi setelah saya baca katanya gak bisa di crawl oleh gugel krn ketika dia nggrayangi kok gak ada meta tagnya di blog kita.

  3. 3 Juli 2009 pukul 05:26

    Wah, lha wong tujuane wae mung untuk belajar kok yo uwis neknu :D

    iya mas,saya kan kepingin tahu why nya gitu

  4. Fietria
    3 Juli 2009 pukul 05:27

    Sama dong seperti saya.

    jangan-jangan kita banyak teman ya he..he..he

  5. 3 Juli 2009 pukul 07:14

    Coba aku cek punyaku. Apa yang terjadi?

    yang terjadi terjadilah,mari dicari solusinya.

  6. Yep
    3 Juli 2009 pukul 09:16

    Kayaknya untuk WP yang gratisan ora iso Mas…..
    Tapi mungkin lho ? :)

    Hla,ini mungkin juga,wong pipis di stasiun aja mbayar je ha..ha..ha,matur nduk cah ayu..

  7. davidjuly
    3 Juli 2009 pukul 09:24

    Pak Cholik, verifikasi tersebut hanya untuk keperluan otak atik dasbor google webmasters. Biasanya ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menambahkan meta tag di blog kita, tapi ini memang rada susah untuk mesin wordpress karena ia tidak mempunyai halaman edit html macam blogger. Verifikasi di wordpress bisa jika anda memiliki domain sendiri atau juga bila anda mengijinkan pengkostumasian wordpress (seperti design templet dsb).Tentunya ini berbayar. Tapi google webmasters tidak begitu bermasalah juga. Google webmasters biasanya digunakan untuk penargetan lokasi pencarian (seperti pengkhususan pencarian google untuk lokasi Indonesia saja dll).

    Salam dari Lamongan!

    Kalau begini kan sudah terang trawoco,cetho terwelo-welo.Jadi begitu tho masalahnya.Wis ngerti aku.Saya sebenarnya ya gak itu peduli sama pagerank,tapi kan pengin tahu why nya mas.Matur nuwun,jreng.Wis tak nulis-blajar-nulis-blajar dan nulis terus saja.Matur nuwun mas.

  8. zee
    3 Juli 2009 pukul 09:29

    heuhueheee..
    jgn pegel-2 pak, itu teman2 blogger sudah kasih masukan ttg masalah ini.
    hmm gimana kalo ganti pake domain sendiri aja…. :)

    ya mbak,entar kalau ada gaji ke-14 tak mbuat domain sendiri biar kalau mau ngecet,nyapu dan bersih2 rumput bisa bebas.Itulah gunanya mbuat postingan yang bikin mbrebes mili teman,jadi banyak yang ngasih tahu hix..hix..hix.Thanks alot.

  9. 3 Juli 2009 pukul 10:11

    horeeeeeee…aku ga melok pegel….ndak mudeng blas apa semua itu..hihihihi…….mbok diterangin juga ga dong..ga mudeng blas

    lha ini tadi saya barusan mloya-mlayu ke technocrati untuk meng claim blog saya.dikasih tahu ini-itu,dah tak coba,ehhh tetap aja dia bilang”Blogmu gak iso tak grayangi cak”. yo wis lah.

  10. 3 Juli 2009 pukul 10:56

    saya baru tau isa komplain sama om gugel kalo pr drop…….!!!
    aku mau cuba ah….soalnya banyak blog ku yang dibanting jadi 0

    thx infonya…..

    Jangan lupa bawa oleh2 untuk mbah Google mas

  11. 3 Juli 2009 pukul 11:10

    Pakde, jebule podho karo aku… Pas tak cek webmaster …. (mboh opo teruse) ternyata juga NOT PERI_PEOT terus. Pegel yo tak mbarke… Tapi gak tau kenapa (bingung juga, saya) pas tanggal 26 Juni kemarin iseng-iseng saya cek PR saya tiba-tiba dikasih nilai 3. Padahal blog saya (saat itu) baru berusia selapan dino. Sebelumnya, PR-nya selalu: N/A.. Trus saking senengnya, saya langsung buat postingan ini, Pakde: BLOG SAYA INI, tapi jujur saja saya masih bingung. Apa mungkin Mbah Google yang salah ngasih PR saya, ya?

    Jangan-jangan waktu ngecek PR sampeyan mbawa singkong sak bakul mas he..he.. selamat deh.Thanks dah mampir.Entar tak main kesana.

  12. 3 Juli 2009 pukul 15:23

    wah aku jadi tertarik
    berangkat ke tkp dulu…

    Cepetan mas,bentar lagi Google mau cutiiiiiiii

  13. 3 Juli 2009 pukul 16:24

    Mas Cholik, Mas Wandi tok, Kang Boed, ne aku mbuh….sing penting aku iso nulis trus ta up date, ne carane neko-neko malah mumet, aku yo gelem, nduwe blog sing elite tapi sing iso digawe yo sing iki, sing gratisan lan sederhana. Mugo-mugo iso ngawe podo karo sing diajari Mas shalimow, wong nggawe blog ku iku yo iso-isoan, lho koq iso yo ? Maturnuwun Mas ..aku ora mudeng… nggawe tag and ect. Terima kasih postingannya menambah wawasanku yang gaptek.

    Regards, agnes sekar

    postingan ini emang untuk membuat pengunjung mumet kok.Paling tidak sudah ada 2 yang mumet,ada yang mau njajal dan ada yang sudah tahu dan memberitahu saya bahwa meta tag nggak perlu2 amat.maju terus ae mbak wong blog panjenenngan dah ciamik kok.

    Salam

  14. 3 Juli 2009 pukul 21:42

    haduh, aku yg ga ikut mlayu2 ikut ngos2an baca postingan panjenengan plus ama komenx2nya, apalagi yg lari2 ya???
    btw cayoo..cayoo..
    p dhe bisa
    c u…

    Ngos2an pokoke rek…ampun panglima

  15. 5 Juli 2009 pukul 11:51

    Iya pak, verifikasi tsb hanya berlaku bagi blog yang bisa diedit bagian html (header) nya. Untuk wordpress gratisan memang tidak bisa.

    Tapi ga usah khawatir tentang pagerank. Asalkan kita tetap menyajikan konten2 yang bermutu dan frekuensi update yang sering, Inysa Allah google akan memihak kita.

    Karena pada dasarnya google ada karena manusia butuh akan konten yg bermanfaat dan bermutu. Dan google akan sangat menghargai blog yang mempunyai artikel2 yg bermutu di dalamnya.

    iya benar mas. Tapi begini lho perumpamaannya : bagaimana Google tahu bahwa saya pake cd merk Crocodile atau GT Man,kalau dia nggak pernah bisa nginceng atau meraba-raba saya.Kan nggak mungkin hanya melihat CD yang tak jemur diluar rumah hua..ha..ha..ha….perumpamaan kok ngawuuuuuur pwol.
    CD itulah yang disebut meta tag ,kata mbah Google.Lha saya lagi belajar dimana masang meta tag,katanya sih di header.Tapi kalau gratisan gak bisa yo udah deh.Entar kalao dapat gaji ke-20 tak nyelengi.

  16. Fietria
    26 Juli 2009 pukul 17:16

    Kalau blog saya bisa di edit html_nya. Tapi saya enggak tau juga, blog saya gratisan atau berbayar. Karena di buatkan oleh mas lambang. Tapi masang PR nya itu saya enggak bisa.

    blog gratisan tandanya ada embel2nya : wordpress atau blogspot,dll. kalau berbayar biasanya berbunyi http:// fietriacantik.com. , atau http://fitracakep.net, dll

  17. 2 April 2010 pukul 21:52

    Iyo Pak Dhe..! Aku dewe niat masukke blogku di google, ben iso di indek neng mbahe, tapi jebule mak bedunduuk…@#! gak peripayet, binun Atu Binun, Wis becik Kemu-Kemu ndok Blogke Koco-konco wae, weeee, sopo ngerti mau dolan-Dolan ndek blogku Ini Loooh

    iya mas, jangan dipikir deh

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
