Jual martabak yes, jual martabat no !

Sore itu Surabaya mendung.
Saya tiba-tiba ingin sekali makan martabak. Maklum makanan beraroma gurih ini kalau dimakan sore-sore nikmat sekali. Sayapun berangkat ke penjual martabak favoritku di jalan Manyar Pumpungan.
” Martabak loro cak “.
“Yang biasa atau spesial pak ?”, tanya Cak Margono arek Jombang si penjual martabak paling ramah itu.
“Yang spesial donk, kan mendung-mendung gini enak makan martabak plus cappucino anget .Kelihatannya laris yo cak martabake , biso mbuat rumah baru donk ” , kataku bercanda.

Cak Margono tersenyum sambil ngiris martabak menjadi potongan-potongan kecil.
” Hallah pak, jualan martabak kayak gini kan hanya cukup untuk hidup sehari-hari saja. Ya adalah nabung sedikit-sedikit untuk biaya sekolah anak-anak “.
” Ya ditlateni saja cak yang penting halal kan “, kataku sok menjadi tua.
” Bagi saya jualan martabak lebih baik daripada jualan martabat pak walaupun jualan martabat mungkin hasilnya lebih banyak tapi kan nggak berkah “.
” Maksudnya ?? “, kejar saya.
” Lha mereka yang jadi pelacur,penipu,perampok dan koruptor kan sama saja dengan jual martabat tho pak. Nah hasilnya kan mungkin banyak, bisa untuk beli martabak sak gudang dan beli macem-macem kan . Tapi untuk apa hidup seperti itu. Dimakan anak-isteri juga bisa jadi penyakit. Kan lebih bermartabat saya daripada mereka walaupun saya hanya berjualan martabak”

Cak Margono..Cak Margono.. ucapanmu benar adanya.

Renungan :

1. Alangkah banyak diluar sana orang-orang yang tak malu-malu menjual martabat hanya untuk mendapatkan martabak.

2. Rasulullah Saw bersada ” Abdlalul kasbi ba’iuu mabruurun, wa amalurrujuli biyadiihii ” artinya ” matapencaharian yang paling utama adalah jual beli yang bersih dann jujur dan penghasilan seseorang atas hasil karya tangannya sendiri “


Iklan

Penulis: Pakde Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi. Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway. Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

One thought on “Jual martabak yes, jual martabat no !”

  1. saya ada lho kalimat bijak dari penjual makanan kaki lima.. tp di blog lama
    nanti lah kapan2 saya posting kembali

    buat postingan donk

Komentar ditutup.