Beranda > Kisah berhikmah > Saran untuk Antasari

Saran untuk Antasari

5 Mei 2009

Hampir semua media cetak dan elektronik kini memberitakan sosok Antasari yang saat ini sedang diperiksa dan ditahan di Polda Metro Jaya. Konon Antasari diduga terlibat dalam perkara pembunuhan terhadap seorang pengusaha  beberapa bulan yang lalu.

Sebelum diperiksa, Antasari masih menyangkal keterlibatannya dalam peristiwa berdarah tersebut. Dia mengatakan bahwa itu adalah fitnah belaka. Ada juga yang bilang bahwa pemeriksaan dan penahanan terhadap Antasari adalah sebuah konpirasi dalam rangka pembusukan terhadap KPK.

Apapun kata Antasari dan komentar orang lain faktanya kini Antasari sudah berstatus tersangka. Antasari yang sebelumnya adalah seorang jaksa yang bertugas menuntut orang yang terlibat dalam suatu perkara pidana kini berganti peran menjadi seorang tersangka. Dulu sebagai eksekutor terhadap terpidana atas dasar  keputusan pengadilan kini dia akan menunggu orang lain untuk mengeksekusi dirinya jika keputusan hakim kelak mempersalahkan dan menghukumnya. Sebelumnya Antasari giat memburu para koruptor untuk dijebloskan kebalik terali besi kini dia berada dibalik terali besi-untuk sementara atau akan diperpanjang lagi.

Begitulah dunia yang merupakan wahana bersenang-senang dan merupakan permainan belaka ini. Seseorang memerankan sesuatu dan kemudian berganti peran yang lain dilain waktu. Siapa gerangan yang berkuasa mengganti peran-peran manusia itu ??

Mari kita lihat firman Allah Swt  :

Qulillaahumma maalikal mulki tu’til mulka mantasyaa-u wa tanzi-’ul mulka mimmantasyaa-u wa tu-’izzu mantasyaa-u wa tudzillu mantasyaa-u biyadikal khairu innaka ’alaa kulli syai-in qadiir. Tuulijullaila finnahaari wa tuulijunnahaara fillaili watukhrijul hayya minal mayyiti wa tukhrijul mayyita minal hayyi wa tarzuqu mantasyaa-u bighairi hisaab.

Artinya : Katakanlah, ya Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki.Ditangan engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas seagala sesuatu. Engkau masukkan malam kedalam siang dan Engkau masukkan siang kedalam malam .Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup.Dan engkau berikan rejeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa batas (QS. Ali ’imran 26-27)

Sebagai sesama muslim saya hanya ingin memberikan beberapa saran sesuai multi peran yang saat ini sedang disandang Antasari.

1. Sebagai seorang muslim.

Yang anda alami saat ini yaitu diberi status tersangka, dimasukkan kedalam kamar tahanan yang sempit ,dilepas jabatan sebagai Ketua KPK dan menjadi bahan berita segala macam media, sebagai bahan pembicaraan dimana-mana bukanlah akhir segalanya bagi anda. Anda masih punya Tuhan, isteri dan anak yang masih setia menunggu.Jangan putus asa,stress,menyalahkan diri sendiri dan orang lain apalagi sampai menyalahkan Tuhan.  Dunia yang fana ini adalah panggung sandiwara dan permainan belaka dan di akhirat kelaklah kehidupan yang abadi dan lebih menarik,nyaman dan enak.

Akan lebih bermanfaat jika anda melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

-         Minta ampun kepada Allah atas segala dosa-dosa anda baik dosa kecil maupun besar, dosa yang disengaja maupun tidak, dosa dimasa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang, dosa yang kelihatan maupun dosa yang samar-samar.

-         Tingkatlah kualitas sholat anda, baik sholat wajib maupun sholat sunah. Perbanyak sholat tahajud,sholat hajat, sholat dhuha serta sholat rawatib.

-         Lakukan puasa sunah Senin-Kamis, puasa Nabi Dawud.

-         Bacalah Al-Qur’an, targetkan misalnya setiap selesai sholat fardhu membaca 5 ayat, syokur kalau bisa lebih.

-         Perbanyaklah berdoa dan berdzikir setiap saat duduk,berjalan atau berbaring.

-         Berwudhulah setiap saat, jika batal berwudhulah lagi terutama menjelang tidur.

-         Terimalah apa yang anda alami dengan penuh kesabaran,ikhlas karena ini adalah cobaan atau ujian dari Allah Swt.

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan diatas Insya Allah hati dan pikiran anda akan menjadi tenang dan akhirnya akan akan menjadi Antasari baru yang lebih arif,alim,bijaksana dan tenteram.

Jika seandainya anda nanti harus meringkuk di penjara lakukan terus kegiatan diatas. Dan ketika anda bebas dari penjara orang akan tercengang ketika mendengar kabar bahwa anda telah khatam Al Qur’an 10 kali, hafal ratusan ayat dan hafal ratusan hadis, pinter berkotbah dan menjadi dai kondang. Subhanallah.

Bukankah itu jauh lebih baik daripada anda menyesali nasib, termenung,mogok makan dan tindakan tak bermanfaat lainnya.

Saran diatas tampaknya berat padahal untuk urusan akhirat Tuhan telah membuat sedemikian ringannya agar manusia lebih mencintai akhirat. Tetapi manusia lebih menjadikan urusan akhirat terasa berat. Sholat subuh yang hanya dua rakaat saja dirasakan manusia sebagai sebagai aktivitas yang berat sedangkan nonton film India yang lamanya sekitar dua jam dianggapnya ringan.

2.Sebagai tersangka.

– Berlakulah sebagai tersangka sebagaimana anda juga pernah mengharapkan seorang tersangka untuk bersikap ketika anda dulu memeriksa mereka.

–  Jujurlah dalam menjawab pertanyaan penyidik. Jika dengan kejujuran itu anda akan menerima sanksi hukum maka terimalah dan pertanggungjawabkan kepada Tuhan dan didepan pengadilan. Katakan kebenaran walau itu pahit. Percayalah jika anda jujur maka anda akan tetap baik didepan Tuhan.

-  Jadilah tersangka yang  kooperatif terhadap penyidik agar perkara ini cepat selesai  dan  status anda menjadi jelas.

-   Jika kelak anda dibawa kemeja hijau juga berlakulah sebagai seorang ksatria. Nyatakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah.

-  Jangan takut jika kejujuran anda menjadikan orang lain kena getahnya.

-  Ingat bahwa satu kebohongan akan mendorong anda untuk berbohong lagi guna menutupi kebohongan anda yang pertama.

3. Sebagai kepala rumah tangga.

Anda pasti tahu bahwa orang tua,isteri dan anak-anak anda pasti terkena getahnya akibat peristiwa ini. Yakinkan kepada mereka untuk tetap sabar,ikhlas dalam menghadapi ujian ini. Suruh mereka untuk melakukan kegiatan sebagai yang anda lakukan diatas. Suruh juga mereka memperbanyak sedekah kepada orang-orang yang tepat. Insya Allah akan membantu anda.

Inilah saran saya sebagai sesama muslim. Semoga bermanfaat.

Abdul Cholik

  1. 12 Januari 2010 pukul 20:38

    saya ga ngerti masalahnya, saya ga tau mana yg benar, saya hanyalah penonton & pendengar walau kadang2 saja. yg jelas saya ga tau kebenaran nya, karena nya saya ga bisa berkomentar

    tp yg saya lihat di tipi, tahanan seperti Antasari ini ga ditahan dalam kamar tahanan yg sempit. mereka itu mendapat tempat yg nyaman bahkan mewah.. ibaratnya ga masalah ditahan juga, tho hanya pindah tidur doang..
    itu yg saya lihat di tipi lho..

    walau tahanan ada gadis cantik,ac,tv,laptop tetap saja saya nggak mau masuk tahanan nduk.

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: