Beranda > Renungan > Kesaktian kucing

Kesaktian kucing

19 Mei 2009

Pagi ini radio Suara Surabaya memberitakan bahwa ada seorang pengemudi mobil yang mengalami kecelakaan tunggal. Kecelakaan itu terjadi karena pengemudi menghindari kucing.Maklum menurut kepercayan orang Jawa jika kita menabrak kucing bisa berakibat celaka. Lhaaa..ini menghindari kucing kok malah celaka.Saya jadi teringat nasib yang menimpa seorang teman saya beberapa puluh tahun yang lalu. Teman saya sedang mengendarai sepeda motor menuju tempat kerjanya di Jl.A.Yani Surabaya.Ditengah perjalanan-entah darimana dan mau kemana sikucing itu -tiba-tiba menyeberang jalan.Teman saya berusaha menghindar agar tidak menabrak kucing, namun naas sepeda motornya ditabrak bus dari belakang.Teman saya meninggal dunia dalam usia yang masih muda.

Orang Jawa memang banyak memiliki pantangan-pantangan yang dinilai akan membawa keburukan jika mereka melanggarnya.Teman saya yang asli Surabaya mengatakan ” Cak, kalau hari Selasa jangan meninggalkan rumah sebelum jam 12 siang, gak ilok”. Nah lho, lha saya kan harus masuk kerja pada jam 07.00 thet ! Jika terlambat datang dikantor selain malu dengan anggota kan juga bisa ditegur atasan.Nasihat teman itu saya abaikan karena tidak begitu jelas alasannya. Kata”gak ilok” alias pamali, atau tidak boleh dalam hal” hari Selasa” ini tidak mempunyai dasar yang kuat.

Sepupu saya juga memberi nasihat “ Jangan membeli barang apapun pada hari Senin mas, nanti hilang lho “.Waduh,ini kok lebih absurd lagi. Saya katakan padanya” Kalau kita tidak boleh membeli barang pada hari Senin mengapa toko dan warung-warung itu tidak tutup saja? Kan nggak bakalan ada yang membeli jika mereka membuka toko atau warungnya”. Nah dia tidak bisa menjawab”

Namun kadang-kadang ada kepercayaan orang Jawa yang membuat saya miris jika itu menimpa diri saya atau keluarga yaitu firasat kejatuhan cicak dan mimpi gigi tanggal karena saya pernah mengalaminya.

Pada tahun 1982, suatu malam saya sedang duduk diteras rumah, tiba-tiba ada cecak yang jatuh tepat dikepala saya.Saya jadi ingat kata-kata orang Jawa bahwa kejatuhan ceck menandakan akan ada keluarga kita yang meninggal dunia. Beberapa minggu setelah itu ternyata ayah saya meninggal dunia karena terjadi pendarahan di otaknya.Kematian ayah saya itu benar-benar diluar dugaan karena selama ini yangsaya lihat beliau sehat-sehat saja.

Lalu ibu mertua saya bercerita bahwa kakaknya pernah mimpi giginya tanggal dan rasanya sakit sekali.Ternyata kakak mertua saya meninggal dunia bersama kapal yang ditumpanginya di Singapura. Peristiwa itu terjadi sekitar tahun 1942.

Saya yakin bahwa kasus menabrak kucing,kejatuhan cecak dan ,mimpi gigi tanggal masih banyak yang mempercayai sebagai pertanda buruk bagi yang mengalaminya.

Sebagai orang yang beragama selayaknya kita tidak mempercayai hal-hal semacam itu karena akan menjerumuskan kita kedalam kemusyrikan.Dan bagi seorang muslim kemusyrikan adalah sebuah dosa yang bisa mengantarkan kita kedalam neraka.Maka sangat dianjurkan agar kita senantiasa berdoa dalam setiap gerak agar terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin akan menimpa kita. Jika kita akan keluar rumah misalnya, kita sebaiknya membaca “Bismillaahi tawakaltu ‘alallaah walaa haula walaa quwaata illa billaah” yang artinya “Dengan menyebut nama Allah saya bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah” (Hadits sahih Tirmidzi). Selain itu mari kita perbanyak dzikir dan doa. Jika semua itu sudah kita lakukan dan kita masih celaka memang itu sudah menjadi kehendak Allah Swt.

  1. 31 Mei 2009 pukul 13:38

    Kucing yg sakti…..masih ingat aku yg 3M itu lho….

  2. 31 Mei 2009 pukul 14:21

    -Thanks kunjungannya
    -salam

  3. 12 Januari 2010 pukul 19:12

    iya Pakde, orang jawa banyak bener pantangan nya.. beberapa ada yg masuk akal juga sih.. seperti jangan duduk depan pintu, walo lanjutan nya agak menyesatkan juga ‘nanti jauh jodoh’
    ga nyambung antara duduk depan pintu dg jauh jodoh, tp ada bener nya juga karna duduk depan pintu akan menyulitkan org yg lalu lalang

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: