Beranda > Opini > Belajar ngeBlog bersama Mas Fatih

Belajar ngeBlog bersama Mas Fatih

20 Mei 2009

Ketika saya katakan bahwa setelah pensiun saya aktif bekerja di FS,FB,Tagged,Hi5 dan beberapa Blog teman saya berkomentar ” iyaaa donk kalau sudah pensiun harus tetap cerdas agar tidak cepat pikun”.Komentar teman tadi benar adanya.Saya tidak mau pikun-titik dan berarti langkahku bermain didunia maya sudah benar.Saya memang sudah mulai berselencar didunia maya sejak tahun 1977 namun hanya untuk membaca berita-berita saja.Setelah pindah ke Jakarta baru saya memanfaatkan internet untuk mencari artikel dan informasi untuk mendukung tugasku.Sayapun kemudian merambah masuk ke milis-milis untuk saling bertukar pikiran atau sekedar bercanda.

Saya baru mengenal FS justeru setelah pensiun dan langsung bergabung.Memang awalnya seperti rusa masuk kampung tidak tahu bagaimana mengoperasikan FS,mengganti skin,membuat group dan lain-lain.Dengan berjalannya waktu dan semakin banyaknya teman yang mengajak bergabung sayapun masuk Facebook,Tagged dan Hi5.

Dengan pengalaman-pengalaman yang relatif belum banyak itu saya tertarik untuk membuat blog guna menyalurkan bakat dan pikiran-pikiran saya.Di blog inilah saya kembali membiasakan menulis artikel sebagaimana yang sering saya lakukan ketika saya masih dinas.Ternyata blog adalah tempat yang asyik untuk mengexpresikan diri.Jika di FS,FB,Tagged,Hi5 saya lebih banyak bertegur sapa dengan teman kini saya bisa mengalirkan pikiran saya ke tempat yang lebih pas yaitu Blog.

Benar kata orang, semakin banyak membaca semakin banyak pula yang belum kita ketahui.NgeBlog tampaknya juga begitu. Alangkah banyaknya pernak-pernik blog yang belum saya ketahui.Istilah-istilah plug-in;link;track-back;ping;blog walking dan lain-lain masih asing bagi saya.Sayapun berselancar ke blog-blog yang saya anggap cocok untuk menimba ilmu.Salah satu tempat yang saya kunjungi adalah blognya mas Fatih Syuhud.Disini saya menemukan artikel tentang Blog Tutorial yang sangat lengkap untuk WordPress.

Jika teman-teman membuka blog mas Fatih anda akan menemukan artikel yang sarat ilmu. Disitu mas Fatih menjelaskan secara panjang lebar tentang cara memuat pages/menu atau Halaman Statis WordPress,mengaktifkan Widget di Sidebar,cara mengaktifkan Widget Flickr dan Delicous,cara buat Read More di WordPress,cara upload dan Link Download,cara pasang foto di posting WordPress. Selain itu kita juga bisa belajar tentang membuat Link dalam Satu Halaman,cara membuat Profile WordPress di Sidebar,tips buat Buku tamu (Guestbook) di WordPress,cara Menulis Kode HTML Java Script di Posting,cara Menulis Kode HTML Java Script di Posting. Kitapun juga bisa melatih ketrampilan untuk mengedit Profil di WordPress Com,cara buat komentar pakai HTML,cara impor Blogger Blogspot ke WordPress,posting Blog yang Ramah Komentar,cara Buat Logo dan Banner,membuat Link di Posting & Window Baru. Kita juga akan tahu apa manfaat dan tujuan Saling Ngelink,Cara Buat Text Area,Tips Cara Edit Foto,Trackback dan cara Komentar Jarah Jauh,Fungsi Kategori dan Tag. Di blog tersebut juga terdapat Daftar Blog Indonesia Bahasa Inggris,cara mendaftar Blog ke 40 Mesin Cari (Search Engine),Manfaat Tukar link,Edublogs.org Blog WordPress Gratis dengan AdSense.WordPress Smiley Emoticon,bagaimana cara membackup Blog WordPress,Tip Memilih Hosting dan Domain Sendiri,Feedburner dan Feed Blogger, dan lain-lain http://afatih.wordpress.com/2008/01/12/tutorial-wordpress/

Boleh dikatakan kita asperti sedang melakukan¬† “one stop shoping” tatkala berada di blog mas Fatih.Sayapun telah mulai menerapkan ilmu dari blog tersebut astu persatu. Memang ada yang sekali baca langsung bisa saya aplikasikan dan juga ada beberapa artikel yang harus saya baca pelan-pelan lalu saya mencoba mengaplikasikannya.

Ah ternyata menuntut ilmu tidak harus selalu dilembaga pendidikan. Belajar dirumah dengan menggunakan komputer tak kalah seru dan menariknya.Rasulullah saw bersabda: “Thalabul ‘ilmi fariidhatun ‘alaa kulli muslimin wa muslimatin” yang artinya : “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap orang Islam laki-laki dan perempuan” . Hadits ini mendorong saya untuk tak berhenti belajar sampai kapanpun.

  1. 12 Januari 2010 pukul 19:03

    wah trima kasih info nya ya Pakde..
    nanti2 saya meluncur kesana. saya memang lg mau pelajari wp krn wp saya walau udah 3th isinya standar, sy blm pernah utak-atik didandanin spt blogspot..

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
