Beranda > Opini > Antara Simbol Deklarasi dan simpati

Antara Simbol Deklarasi dan simpati

25 Mei 2009

MEGAPRO PUKUL KENTONGANHari Minggu tanggal 24 Mei 2009 kemarin secara resmi Megawati Soekarno Putri dan Prabowo Subianto mendeklarasikan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden pemilu 2009. Deklarasi itu ditandai dengan pemukulan kentongan bersamaan oleh Mega dan Prabowo sebagai tanda bekerja bersama rakyat,katanya. Tempat yang dipilih adalah Tempat Pembuangan Akhir Bantar Gebang-Bekasi.Tampaknya Bantar Gebang dipilih sebagai simbol kedekatan PDIP dengan rakyat sebagaimana klaim PDIP sebagai partainya “wong cilik” sehingga diharapkan rakyat menaruh simpati dan selanjutnya mencontreng nama mereka dalam pemilu Juli yang akan datang. Bantar Gebang barangkali juga dimaksudkan untuk menyodok Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung -tempat yang terkesan mewah yang digunakan untuk deklarasi oleh SBY Ber-Budi.JK_WIN FotoSementara pasangan JK-Win yang mengusung jargon“lebih cepat lebih baik ini” memakai Tugu Proklamasi sebagai tempat pendeklarasiannya.JK pun dalam pidatonya sengaja meniru dan mengubah sebagian text {Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dari kalimat“..”Mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lainnya diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya..” mejadi “peningkatan kesejahteraan rakyat diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya”.Bukan itu saja, JK-Win juga menggunakan simbol ” berjalan kaki “ketika menuju kantor KPU untuk mendaftarkan pasangan capres/cawapres guna menimbulkan kesan bahwa mereka adalah orang-orang sederhana.

Bagaimana dengan pasangan SBY-Ber_Budi ?

sby BERBUDIPasangan ini menggunakan kota Bandung sebagai tempat deklarasi karena menurut mereka kota Bandung syarat dengan nilai-nilai sejarah.KAA pernah diselenggarakan dikota ini. Bandung juga merupakan kota perjuangan yang antara lain terpancar dalam lagu Halo-halo Bandung. SBY juga tidak bisa dipisahkan dari “Paris van Java” ini. SBY yang berasal dari corps Infantri itu pasti mengawali pendidikan kejuruan infantri dan pendidikan militer lainnya dikota ini. SBY juga mengikuti pendidikan militer tertinggi Angkatan Darat yaitu Seskoad tahun 1989 di Bandung.

Dari penampilannya, Deklarasi SBY Ber_budi ini memang terkesan mewah dibandingkan tampilan pasangan yang lain.Namun kesan ini dibantah oleh Andi Malarangeng” ya kesannya saja yang mewah padahal biayanya murah”. Konon panggung deklarasi yang dibuat hampir mirip dengan gaya deklarasi Presiden AS  Barack Obama.

Effektfkan penggunaan simbol-simbol itu untuk menarik simpati rakyat ?

“Tidak besar pengaruhnya, justru kenapa harus di situ? Itu hanya simbol-simbol saja,” kata pengamat komunikasi politik, Maswadi Rauf.

“Yang penting tindakan, tempat mewah dan tidak itu tidak penting. Orang-orang kita terlalu mementingkan simbol. Masyarakat itu menilai calon tidak dari itu, yang penting dari program,” jelasnya.

http://id.news.yahoo.com/dtik/20090518/tpl-maswadi-tempat-deklarasi-capres-tak-51911aa.html

Memang benar,namun harus diingat bahwa hanya dengan program dan action saja tidak cukup,perlu ditambah dengan niat  yang tulus dan ikhlas bahwa menjabat presiden dan wakil presiden adalah amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab untuk kemaslahatan bangsa dan negara.Jabatan bukan hanya untuk memperoleh kekuasaan semata tetapi harus mengandung unsur ibadah didalamnya.Harus pula diingat bahwa kelak mereka sebagai pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah Swt.

Sumber foto:

-Deklarasi JK-Win :

-Deklarasi Megapro :

http://indonesiamemilih.kompas.com/read/xml/2009/05/24/16391138/Akhiri.Deklarasi..Mega-Prabowo.Pukul.Kentongan

-Deklarasi SBY Ber_budi :

http://emilsl.wordpress.com/2009/05/15/deklarasi-sby-berbudi-pencitraan-ini-hanya-fatamorgana/

Kategori:Opini Tag:, , ,
  1. 12 Januari 2010 pukul 16:11

    semoga..
    *semoga aja deh, ga tau semoga apa, tergantung niat masing2..đŸ˜€ *

    kalau manten ya semoga bahagia tho nduk

  2. 12 Januari 2010 pukul 21:32

    halah.. kok manten sih..?!
    ini kan postingan politik..
    xixixiiii.. piye

    lha mereka kan menyebutnya manten….

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: