Beranda > Terpuji > Beruntung karena dzikir

Beruntung karena dzikir

26 Mei 2009

yusuf mansyur ustadzPagi ini seperti biasa saya menonton acara “Nikmatnya Sedekah” yang ditayangkan oleh TPI dengan pembicara Ustadz Yusuf Mansyur yang sanget populer dengan jurus sedekahnya.Ustadz yang masih muda dan ganteng ini seperti biasa mengawali ceramahnya dengan menjelaskan manfaat dari sedeqah, adab bersedekah dan hal-hal lain yang berkaitan dengan ibadah mulia itu. Selanjutnya ustadz memberikan kesempatan kepada hadirin dan pemirsa dirumah untuk mengajukan pertanyaan atau menyampaikan isi hatinya kepada sang ustadz.

Salah satu ibu yang hadir pada acara itu mengemukakan bahwa dia mempunyai seorang suami berkebangsaan asing.Ibu yang sudah berpredikat haji ini gundah gulana karena sang suami belum mau sholat. Ibu tadi selanjutnya melakukan berbagai upaya agar sang suami segera mendapatkan hidayat dari Allah Swt dan tergerak hatinya untuk sholat.Upaya yang dilakukan diantaranya adalah melakukan sholat malam (qiyamul lail) setiap malam dan mengirimkan uang kepada ibunya yang ada ditanah air untuk sebagian disedekahkan. Sholat malam dan sedekah ini dijalani secara rutin selama bertahun-tahun.Ikhtiar ibu ini rupanya berhasil dengan tanda yang sangat aneh. Suatu hari dirumahnya tercium bau wangi padahal didekatnya tidak ada bunga.Ibu tadi berkata kepada sang suami dan keluarganya yang lain ” Kok seperti bau orang meninggal dunia yaa”?. Ajaib, kalimat ibu itu tiba-tiba menggerakkan seisi rumah untuk sujud. Dan setelah itu sang suami tergerak hatinya dan selanjutnya mau melaksanakan sholat.

Selanjutnya ada pertanyaan melalui telepon dari seorang ibu.Dia menceriterakan kesulitannya dan minta bantuan Ustadz Yusuf Mansyur .Karena si penanya menelpon sambil menangis maka ustadz muda ini menyatakan tidak bisa mendengar pertanyaan ibu.Pendamping ustadz menjelaskan bahwa si ibu tadi mengalami kesulitan dalam menghadapi suatu permasalahan yang berat dan minta bantuan ustadz.

Karena tidak mengerti apa kesulitan yang dihadapinya maka Ustadz Yusuf Mansyur menganjurkan kepada siapa saja yang mengalami kesulitan untuk membaca ” Laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adziim” ( yang artinya : “Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan  Maha Agung”, sebanyak 300x/sehari.  Dengan dzikir ini Insya Allah pertolongan Tuhan akan datang.

Kita memang dianjurkan untuk senantiasa mendekatkan diri atau mengingat-ingat  Allah Swt yang antara lain melalui dzikir dan berdoa .

Berikut beberapa manfaat bisa kita dapatkan dari berdzikir :

http://www.perpustakaan-islam.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=141

1.Membuat hati menjadi tenang.
Allah berfirman,  ”Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Ar Ra’d : 28)

Banyak orang yang ketika mendapat kesulitan maka mereka mencari cara–cara yang salah untuk dapat mencapai ketenangan hidup. Diantaranya dengan mendengarkan musik yang diharamkan Allah, meminum khamr atau bir atau obat terlarang lainnya. Mereka berharap agar bisa mendapatkan ketenangan. Yang mereka dapatkan bukanlah ketenangan yang hakiki, tetapi ketenangan yang semu. Karena cara–cara yang mereka tempuh dilarang oleh Allah dan Rasul–Nya.

Ingatlah firman Allah Jalla wa ’Ala di atas, sehingga bila kita mendapat musibah atau kesulitan yang membuat hati menjadi gundah, maka ingatlah Allah, insya Allah hati menjadi tenang.

2.Mendapatkan pengampunan dan pahala yang besar. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt :

“Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah Telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Al Ahzab : 35)

3.  Dengan mengingat Allah, maka Allah akan ingat kepada kita.

Allah berfirman,  “Karena itu, ingatlah kamu kepada Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu (dengan memberikan rahmat dan pengampunan)”. (Al Baqarah : 152)

4.Dzikir itu diperintahkan oleh Allah agar kita berdzikir sebanyak–banyaknya.
Firman Allah ‘Azza wa Jalla : “Hai orang–orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak–banyaknya. Dan bertasbihlah kepada – Nya di waktu pagi dan petang.” (Al Ahzab : 41 – 42)

5.Banyak menyebut nama Allah akan menjadikan kita beruntung.

Firman Allah Swt : “Dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.” (Al Anfal : 45)

Pada Al Qur’an dan terjemahan cetakan Al Haramain terdapat footnote bahwa menyebut nama Allah sebanyak – banyaknya, maksudnya adalah memperbanyak dzikir dan doa.

Yang harus kita ingat adalah bahwa pelaksanaan dzikir harus selalu sesuai dengan sunnah Rasulullah Saw.

  1. sp0ngew4ter
    1 Juni 2009 pukul 15:14

    Sesungguhnya Allah itu Maha Pengasih…apalagi bila kita mengingatNya setiap saat dan bersyukur atas nikmatNya

  2. 1 Juni 2009 pukul 15:33

    -setuju mas, dengan mengingat Allah maka Tuhan akan lebih mengingat kita.
    -salam

  3. 10 Desember 2009 pukul 12:12

    Subhanallah….semoga dengan artikel ini senantiasa membuat umat Islam seluruh dunia dan umat manusia pada umumnya senantiasa ingat kepada Allah….Amin!

    Amin.Harapan kita semua mas

  4. 12 Januari 2010 pukul 14:25

    subhanallah..
    alhamdulillah kantor saya udah langganan ustadz Yusuf Mansur sebelum beliau ngetop. jd udah banyak banyak imu yg disharing, krn sekarang sulit utk ngundang beliau krn udah populer & banyak acara😀

    bagus kok saya suka lihat di TPI setelah sholat subuh

  5. 12 Januari 2010 pukul 15:52

    aku suka gaya blak-blakannya ust yusuf, dan aku punya dua buku beliau kiriman dari galaxy. makasi pakde.. *sampai skrg masih dibaca KD setiap habis subuh

    saya juga suka, terutama hikmah sedekahnya

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: