Beranda > Terpuji > Ikrar dan janji kita kepada Allah

Ikrar dan janji kita kepada Allah

26 Mei 2009

Dalam ibadah sholat sesungguhnya ada ikrar dan janji kita kepada Allah.Pada sholat fardhu paling tidak kita mengucapkan janji dan ikrar sebanyak 17 kali.Janji dan ikrar dimaksud adalah :

1.Inna shalaatii wanusukii wamahyaaya wamamaatii lillaahirabbil ‘aalamiin ,yang artinya ” Sesungguhnya sahalatku, ibadahku, hidupku dan matiku semuanya untuk Allah, Penguasa Alam Semesta” (bagian dari do’a Iftitah)Ini berarti kalau kita sholat dan ibadah harus dengan niat semata-semata untuk mendapatkan ridho Allah dan bukan dengan niat-niat yang lain (agar dipuji atasan,agar diambil menantu oleh Pak Lurah,agar kelihatan alim atau santri dan sebagainya). Demikian pula hidup dan mati kita semuanya untuk ibadah, karena sesungguhnya Allah menciptakan manusia adalah untuk beribadah dan menyembah Allah.Namun hal ini jangan sampai melupakan juga tugas kita yang lain yaitu belajar,bekerja,silaturahmi dan lain-lainnya dengan tetap kita niatkan sebagai ibadah.

2. Iyyaaka na’budu waiyyaaka nasta’iinu , yang artinya : “Hanya Kepada-Mu lah aku menyembah dan hanya kepada-Mu lah aku memohon pertolongan” ( salah satu ayat dari Surat Al-Alfatihah)

Orang yang beriman hanya menyembah kepada Allah dan juga memohon pertolongan kepada-Nya. Mukmin atau muslim yang langsung atau tidak langsung menyembah pohon beringin,batu-batuan,Dewa/Dewi,api,gunung dan lain-lain berarti menyekutukan Allah dan tergolong sebagai musyrik Kemusyrikan ini jika dibiarkan pada akhirnya bisa mengarah kepada kmurtadan yang tak akan terampuni dosanya.Memohon pertolongan juga langsung dan hanya kepada Tuhan. Orang beriman tidak akan menaruh sesajen di sawah mereka dengan maksud minta pertolongan kepada Dewi Sri agar hasil sawahnya berlimpah-limpah.Orang beriman juga tidak akan minta pertolongan kepada nenek-moyangnya yang sudah meninggal dunia.

3. Asyahadu allaa ilaaha illallaah wa asyhadu anna muhammadar rasuulullaah ,yang artinya : “aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah”. Kalimat syahadat yang merupakan ikrar ini harus diucapkan oleh orang yang pertama kali masuk Islam dan diulang-ulang kembali pada saat melaksanakan sholat, baik sholat fardhu maupun sholat sunnah.

Itulah janji dan ikrar kepada Allah Swt. Tentu masih banyak janji-janji lain kepada Allah yang sering kita ucapkan baik didalam maupun diluar ibadah sholat. Dan sebagaimana kita fahami bahwa janji itu akan diminta pertanggungjawabannya oleh Allah kelak di akhirat.Oleh karenanya maka janji itu harus kita tepati.

Kategori:Terpuji Tag:, ,
  1. 12 Januari 2010 pukul 14:20

    trima kasih pakde, sudah mengingatkan saya utk menepati janji itu😀

    sama-sama,semoga saya juga nggak terlalu banyak ingkar janji

  2. ENDAH MASFU'ANI
    9 Maret 2010 pukul 11:05

    yang 14 lainnya mana? tolong dilengkapi dong, penting banget agar semua sdr semuslim mengetahui dan menyadari trus semakin taqwa taat kpd Allah SWT n smkin rajin ibadahx, syukron

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: