Beranda > Kiat > Sharing ilmu di Facebook

Sharing ilmu di Facebook

26 Mei 2009

Facebook bukan hanya ajang untuk bertegur-sapa dan bercanda dengan sahabat-sahabat kita tetapi juga bisa kita manfaatkan untuk berbagai ilmu tentang apa saja, tentunya ilmu yang bermanfaat. Saya yakin belum semua orang yang bergabung di Facebook mempunyai blog. Bahkan mungkin ada yang belum tahu apa itu blog;apalagi tehnik membuat blog. Demikian pula sebaliknya, belum semua blogger menjadi anggota Facebook dengan berbagai alasan tentunya.Oleh karenanya sungguh akan bermanfaat jika para blogger juga mau membagikan ilmunya kepada sahabat-sahabat kita yang ada di Facebook.

Ilmu yang kita bagikan kepada mereka banyak ragamnya. Bisa ilmu dibidang agama,sosial,budaya,keamanan,teknologi,ekonomi dan lain- lainnya. Para pakar komputer, pakar internet,pakar blog tentu saja bisa dengan mudah menulis artikel dibidang itu sehingga menarik mereka yang ada di Facebook untuk mencoba membuat blog.Dengan demikian diharapkan akan bermunculan blogger-bloger baru ditanah air.

Memang menuliskan link web kita atau ngeBlog di Facebook bisa saja dilaksanakan.Tetapi menurut saja akan lebih mudah dilihat dan dibaca oleh anggota Facebook jika kita tulis ilmu kita itu di sebuah aplikasi yang bernama NOTE. Tentu kita harus menjadi anggota Facebook terlebih dahulu sebelum kita menulis artikel disitu.Mendaftar diFacebook sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan mendaftar di website yang lain.

Jika di Facebook kita belum ada aplikasi Note nya maka harus kita tambahkan aplikasi tersebut dengan meng klik “application” yang ada dipojok kiri bawah.Setelah Note muncul di profile kita barulah kita mengisi Note tersebut dengan artikel-artikel yang kita pilih.Inilah langkah-langkah untuk menulis Note yang ada di facebook.

1.Klik Note yang terletak disebelah profile kita, biasanya ada didekat wall atau photo.

2.Setelah jendela Note terbuka klik tulisan “add new note” yang ada pada bidang tengah agak kekanan.

3. Isi judul ,misalnya : Cara membuat Blog.

4. Isikan artikel pada bidang yang bertuliskan “Body”. Jika menginginkan huruf dan format tulisan kita berbeda silahkan klik “format your note” yang terletak dibawah pojok kanan halaman body.Pilih format yang diinginkan.

5.Jika pada tulisan artikel tersebut akan ditambahi foto tinggal browser foto yang ada difile komputer kita atau import dari foto yang ada di album Facebook kita atau dari sumber-sumber lain.Setelah itu klik “upload”

6.Jika artikel sudah siap,foto sudah terpasang anda bisa langsung klik:publish atau review atau save draft.Jika klik publish maka Note yang berisi artikel akan muncul di bawah wall dan dibidang kiri bawah-sejajar dengan foto profile atau foto-foto Friends anda.Namun anda juga masih bisa mengedit artikel tersebut. Tinggal klik “edit Note” yang terletak dikiri atas dari note yang telah anda tulis.

Oh yaa..jangan lupa menuliskan alamat blog anda agar mereka juga bisa mengunjungi blog dan membaca artikel-artikel yang lain.

7. Selamat mencoba.

Kategori:Kiat Tag:, , , ,
  1. kofai
    28 Mei 2009 pukul 15:25

    Hi….met kenal

    terimaksih atas kunjungan ke blog saya dan trims atas sarannya…

    Blog saya masih tahab pembenahan sekaligus belajar sana…sni…biar jadii blog kayak gini…

    soale saya masih belajar….

    oia, apa mas atau pak ya?? ada tuntunan buat worpress gak?? kan mas/pak dah lebih dulu dari saya, jadi saya ingin belajar gitu. Kalo ada artikelnya…tolong kirim ya…thanks

  2. 29 Mei 2009 pukul 14:35

    Untuk tutorial wordpress coba kunjungi blognya mas Fatih mas, ini alamatnya : http://afatih.wordpress.com/2008/01/12/tutorial-wordpress/

  3. sp0ngew4ter
    1 Juni 2009 pukul 15:12

    pesbuk milikku hampir nggak pernah digunakan…
    jarang ane pantau…

    lebih asik mantengin myQuran dan blog sendiri

  4. 12 Januari 2010 pukul 14:18

    saya bahkan sudah menularkan bbrp org di facebook hingga mereka pun akhirnya punya blog.
    hahahaaa..

    saya juga suka membuat notes disana

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: