Beranda > Kiat > Your English is very good

Your English is very good

27 Mei 2009

Itulah kalimat yang sering diucapkan oleh sahabat-sahabatku dari mancanegara setiap saya mengatakan” I’am sorry my English is not so good”. Saya tidak tahu apakah sahabatku tadi hanya sekedar memuji dan basi-basi saja atau memang mengerti apa yang saya omongkan.Yang jelas dengan modal “Broken English” yang saya miliki saya sudah berhasil menjelajahi ( ceeeile) lebih dari 15 negara di 5 benua baik untuk mengikuti pendidikan,seminar,meeting atau hanya sekedar mengadakan kunjungan ke beberapa KBRI.

Belajar bahasa kadang membosankan apalagi jika tidak mempunyai tekad dan motivasi yang kuat. Maklum belajar bahasa orang lain bukan hanya sekedar membaca dan menulis tetapi juga diperlukan telinga yang cukup lebar dan peka agar kita dapat mendengar dan menangkap maksud pembicaraan orang asing.Selain itu juga diperlukan ketabahan untuk mengulang-ulang mengucapkan kalimat-kalimat asing, langsung atau melalui tape recorder.

Kadang ada yang memberikan”angin sorga kepada para pembelajar” bahasa asing. Mereka mengatakan” Nggak usah takut ngomong, mereka maklum kok kalau bahasa Inggris itu bukan bahasa kita”. Maklum sih maklum, tetapi kalau setiap kita ngomong dia bilang ” I beg your pardon” kan bisa lemes otot mulut kita karena mengulangi lagi ucapan kita tadi. Sebaliknya kalau mereka ngomong panjang lebar dan kita diam saja karena tidak mengerti apa yang diomongkan kan ya “tidak gayeng” ngobrolnya. Akhirnya kita sama-sama bosan karena ngobrol kok isinya full ” I beg your pardon !”.

Berikut tip bagi yang ingin belajar bahasa Inggris.

1.Ikuti kursus yang ada disekitar tempat anda,cari yang murah tapi kualitasnya bagus ( he..he..he)

2.Banyak bercakap-cakap dalam bahasa Inggris agar lidah kita lemas( latihan speaking)

3.Banyak membaca artikel berbahasa Inggris. Cari majalah berbahasa Inggris yang menarik agar kita senang membaca artikelnya(latihan reading)

4.Banyak menonton film berbahasa Inggris yang ada di TV,kosentrasikan pada apa yang mereka omongkan bukan pada subtitle yang ada dilayar TV untuk melatih pendengaran kita( latihan listening)

5.Biasakan menyanyi lagu-lagu berbahasa Inggris untuk membiasakan lidah kita, gak perduli seberapa parah nyanyian kita.Syokur kalau suara anda merdu dan sesuai dengan not.

6.Bagi penggemar internet, blogger, dan sebangsanya, usahakan membaca artikel dan petunjuk-petunjuk berbahasa Inggris dengan suara keras ( bukan membaca dalam hati) untuk membiasakan lidah kita.

7. Jika di blog kita ada yang menulis komentar dalam bahasa Inggris, balaslah juga dengan bahasa yang sama.Sekali-kali tulislah komentar di blog teman dengan komentar berbahasa Inggris walau hanya sekedar : “It is a nice  and important articel, I like it “

8. Ada guru yang mengatakan ” Jangan menghafalkan kamus “, ini ada benarnya tetapi perbanyaklah perbendaharaan anda dengan banyak membaca.

9.Belajar grammar sangat perlu agar kita dapat berbahasa Inggris dengan baik dan benar.

Jika sudah jenuh beralajar, sekali-kali cari teman yang gokil dan ajak dia bercanda dalam bahasa Inggris yang diplesetkan. Ini contohnya :

1. “Kalau sudah jadi pejabat jangan “forget land” lho !!”.  (Forget land adalah bahasa plesetan yang artinya “lupa daratan”)

2. Ketika teman anda mau pulang jangan lupa mengatakan :” Safe walk,liver-liver yes ” – artinya ” selamat jalan, hati-hati ya”.

3.  Bergayalah seperti pedagang asongan yang menawarkan dagangannya kepada orang bule ” Bottle tea..bottle tea..very cheap sir, one thousand bottle back !!”-yang ini berarti : “teh botol..teh botol pak..sangat murah, seribu botol kembali..”

Tapi dengan orang asing hati-hati bercanda, jangan-jangan mereka malah tidak mengerti apa maksud humor anda..he..he..he.Kalau mereka tidak mengerti kan tidak tertawa,masa kita mau tertawa sendiri !!

Semoga bermanfaat.

  1. 28 Mei 2009 pukul 10:42

    makasi pak…

  2. 29 Mei 2009 pukul 12:45

    Nah, kalau postingan yang ini , “It is a nice and important articel, I like it ” (bahasa Inggrisnya copy paste dari artikel di atas). Ha..ha..ha….

    Tapi sungguh mantap isi postingannya. Dulu saat saya di SMP awal tahun 1980-an, senangnya belajar bahasa Inggris dari Radio Australia seksi (bahasa) Indonesia. Malahan pernah kirim permohonan buku panduannya (warna merah agak pink) ke perwakilan Radio Australia di Jakarta, langsung beberapa saat mendapatkannya.

    Di buku pertama, kata-kata “i beg your pardon!” malahan di ‘ajarkan’ di halaman-halaman pertama.

    Mungkin ada tip yang kurang dari postinganan diatas, yakni soal niat atau tekad. Sudah kursus sampai level advance sekalipun, jika kurang ada niat dan tekad ya lama kelamaan bahasa Inggris akan luntur bahkan banyak yang lupa.

    Saya suka dengan postingan terakhir di atas soal bahasa Inggris yang diplesetkan. Kalau di Singapura bahkan dicampur antara bahasa Inggris dan bahasa Melayu –malahan jadi bahasa gaul anak muda di sana.

    Tengkiu.

    • 29 Mei 2009 pukul 14:22

      -Ha..ha..ha bisa aja mas Dwiki ini.
      -Thanks komentarnya.

  3. 30 Mei 2009 pukul 12:22

    mensyukuri az walau pun B. iggris aq kurang bagus..
    oia mas udah saya backink blognya mas…

    • 30 Mei 2009 pukul 14:23

      -benar,kita syukuri nikmat sekecil apapun
      -thanks

  4. adilahat
    30 Mei 2009 pukul 16:59

    nyang penting sring dipraktekkin biar ga kaku, bener ga pak…

    • 30 Mei 2009 pukul 18:27

      Benar,sama dengan membaca Al-Qur’an, kalau tidak pernah dilakukan lidah akan menjadi kaku lagi…

  5. 12 Januari 2010 pukul 14:08

    hahahaaaa.. si dodol ini malas banget berlatih!
    pdhl jaman sekolah kerja nya ngejar2 bule utk latihan ngobrol. disuruh guru. 1 hari harus dapat 1 bule.. ah, mati ajah..!
    bule nya sampe pusing ngomong dg saya yg pating pecotot.. wakakakakkkk

    saya juga broken English..tapi jalan juga

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: