Beranda > Kiat > Tehnik sederhana menyusun artikel di blog.

Tehnik sederhana menyusun artikel di blog.

3 Juni 2009

Saya mengawali blogging saya dengan mengintip blognya Dee alias Dewi Lestari.Kita semua tahu bahwa Dewi Lestari adalah seorang penyanyi yang dulu tergabung dalam grup RSD dan juga seorang pengarang buku yang ngetop. Lho mengapa saya sampai kluyuran di blognya Dee? Itu karena saya baru saja mengunjungi blognya Ndoro Kakung.Ketika akan menulis komentar ternyata dideretan pasukan pemberi komentar ada yang bernama Dewi Lestari.Saya langsung klik tulisan Dewi Lestari dan blakkkk…saya tiba di sebuah blog yang bertitel “Dee Idea

Tampilan blognya sederhana saja,halaman dengan background warna hijau (hijau apa sih itu namanya).Tetapi isinya wooow padat, artikelnya panjang-panjang dan berbobot dengan format tulisan yang apik sehingga sayapun betah meneruskan membaca artikelnya.Maklum Dee adalah seorang penulis , sehingga kaidah-kaidah penulisan sebuah artikel tentu difahaminya dengan baik.Tak heran jika yang mengunjungi dan memberi komentar di blog ini banyak.

Saya jadi teringat sebuah rumus yang diberikan oleh guru tentang cara membuat karangan yang baik.Rumus itu bernama Jamu Singsed yang merupakan kepanjangan dari kata jelas,mudah,singkat dan sederhana.

Jelas, kata beliau, berarti tulisan atau artikel itu memungkinkan pembaca dapat dengan segera menangkap apa yang dimaksud oleh penulisnya.

Mudah artinya tulisan itu mudah dibaca,mudah dicerna dan mudah diingat.Untuk mencapai tujuan ini maka tulisan sebaiknya menggunakan kata dan kalimat yang baik,format tulisan sesuai aturan penulisan dan ada unsur pesan dalam isi atau body tulisannya.

Singkat berarti to the point atau langsung pada apa yang hendak disampaikan oleh penulis namun tidak mengorbankan kejelasan.Artikel yang terlalu melingkar-lingkar dengan bumbu-bumbu yang kurang perlu akhirnya bisa membuat si pembaca jenuh dan bosan.

Sederhana artinya menggunakan kata atau kalimat yang mudah difahami guna menghindari kesalahan tafsir. Kalimat seperti ” Dewi Lestari sebagaimana kita ketahui adalah seorang penulis buku Supernova yang sangat digemari bukan saja oleh kalangan remaja yang memang sedang gandrung dengan kehadiran buku-buku fiksi yang penuh dengan tokoh-tokoh yang ganteng,cantik,smart,romantis yang kadang dibalut dengan sense of humor yang cerdas, tetapi juga sangat diminati oleh orang tua bahkan sampai menembus ke kelompok elite dan pejabat tinggi yang memang memerlukan sesuatu untuk “killing time” setelah mereka penat dengan urusan kantornya yang memang menguras energi. “, sangat membingungkan dan melelahkan bukan ? Bingung karena kita tidak tahu apakah kalimat ini mau bercerita tentang Dewi Lestari atau bukunya. Lelah dan ngos-ngosan karena kita menunggu dimana letak titik pada kalimat yang panjangnya sejengkal itu

Selamat ya Dee, juga selamat untuk Ndorokakung !

Kategori:Kiat Tag:, , ,
  1. 3 Juni 2009 pukul 09:24

    Terimakasih sudah mampir ke blog saya. Memberi 4 komentar sekaligus, lagi. Dan, memberikan blogroll nama saya di sidebar bapak😉 Matur Nuwun.

    Wah, Bapak penggemar Dee dan Ndoro Kakung juga seperti saya😉

    • 3 Juni 2009 pukul 10:13

      -saya juga terima kasih,mbak Is sudah nengok dan memberi komentar di blog saya.
      -salam

  2. 3 Juni 2009 pukul 12:30

    bole jga tuh jamu singsed nya,,hehe
    terima kasih udah mampir diblog saya pak..salam…🙂

    • 3 Juni 2009 pukul 12:35

      -thanks nduk sudah mampir
      -salam

  3. 3 Juni 2009 pukul 17:02

    Matur Nuwun telah silaturahmi ke Blog saya, dan Suwun pula rumus jamu singsetnya, dan mungkin jamu ini yang menjadikan bapak tetap bersemangat muda.
    🙂

    • 3 Juni 2009 pukul 17:05

      -rumus asli soko ndeso mas,saya belum bisa ngasih tutorial yang bagus2 kok.
      -thanks sudah mampir.
      -salam

  4. 9 Juni 2009 pukul 17:47

    Rumuse apik pak, tambahi wae Jamu Gendong, Jelas, Mudah, Gempang dan dong🙄 Apakui😀 Mending jamu kuwat wae yah😀

    • 9 Juni 2009 pukul 18:20

      -cocok mas
      -lain lubuk kan lain ikannnya
      -salam

  5. 23 Februari 2010 pukul 05:01

    oh.. si Jamu Singsed itu td nya diposting di sini tho..
    disana modelnya tante alexa disini pk model Dee & org itu
    heheee

    iya, kan kaya sinetron TV, yg lama di putar ulang kaya Warkop ama serial Rhoma

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
