Beranda > Unik-menarik > Belajar pasang widget

Belajar pasang widget

4 Juni 2009

Sudah lama saya kepingin memasang widget untuk menterjemahkan artikel yang saya tulis kedalam bahasa asing. Eeeeee siapa tahu Sersan Linda Slomp- arek Belanda yang dulu sama-sama bertugas sebagai anggota Pasukan Perdamaian PBB di Namibia mampir ke blogku.Cewek cantik berambut blonde itu kalau tersenyum manisnya bukan main, tur grapyak-semanak dan nggak sungkan-sungkan nglendot dibadan siapa saja-termasuk ngrangkul saya he..he..he. (manja sekaleee).Kadang ada rasa rindu yang menyesak didada setiap melihat fotonya Linda ( sttt..mumpung isteri lagi nonton tipi)

Sebenarnya saya sudah mendapatkan code dari google untuk di copy-paste di blog ku. Tetapi begitu saya pasang kok yang muncul ya kode itu,bukan gambarnya.Bolak-balik saya ulangi copy-paste kok hasilnya sama.Akhirnya saya menyerah (sementara). ” Gak ketemu Linda ya gak patheken “, batin saya.

Namun dengan berjalannya waktu (biyuh…biyuh… kalimat ini nyontek dimana tho yaa),setelah melihat blognya teman-teman, termasuk blognya mas Wandi-yang guru itu, kok apik kalau dipasang alat penterjemah itu. Keinginan saya untuk ketemu Sersan Linda Slomp muncul lagi. Akhirnya saya mosting ( weleh..weleh..bahasanya) ke mas Wandi :” Mbok saya diajari masang google translator tho mas”.

Gayung bersambut,pucuk dicinta ulam tiba,dan dengan semangat ora et labora, mas Wandi memberikan petunjuk :“Mas Cholik, kalau njenengan tanya tentang cara memasang Google Translate, saya saranken belajar ke sini saja http://bootingskoblog.wordpress.com/2009/01/20/memasang-google-translate-di-wordpress/. Di sana banyak sekali tips n triks tentang WordPress. TQ.”. Wahhhhh…ini benar-benar jawaban seorang guru.Seorang guru memang jarang memberi tahu jawabannya secara langsung tetapi mencarikan jalannya agar muridnya berusaha sendiri.Sayapun segera menuju alamat yang ditunjukkan oleh mas Wandi.

Benarlah, di blog itu sudah cumepak (tersedia) code Google translate aneka bahasa.Sayapun segera meng-copy code yang bahasa Inggris saja, wong tujuan saya pertama-tama kan ingin ketemu si blonde cantim itu.

Setelah saya templekkan (paste) di blog saya maka muncullah Google translation yang saya idam-idamkan itu.Begitu saya lihat hasilnya ternyata benar adanya, widget itu sudah mejeng dihalaman blog ku. Lho, gambarnya kok UK Flagsseperti bukan† gambar bendera Inggris.Setelah saya klik kanan memang muncul kata ‘English’.Tapi gambar benderanya itu lho kok gak sedep blas.Tapi biarlah dulu.

Uji coba berikutnya saya klik bendera tadi. Byaaakkkkk..muncul Google dengan tulisan ” Halaman ini telah diterjemahkan secara otomatis dari bahasa Indonesia”

Inilah hasil terjemahan artikel saya berjudul “Sbujugi”

Sbujugi

Kudekati Riri
Kupamerkan shoes are sticky dikaki
Brand Cool Sbujugi
Riri grin
Brand is the word abbreviation Riri
Butut shoes sold
In fact sepatuku made Riri bokapnya

(Wisdom: do not terpedaya brand)

Weeleh..welleh…kalau Linda Slomp membaca terjemahan itu pasti misuh-misuh,nggak tahu maksudnya.

Lalu saya bandingkan dengan teks aslinya:

Sbujugi

Kudekati Riri
Kupamerkan sepatu yang melekat dikaki
Merk keren Sbujugi
Riri menyeringai
Merk itu singkatan,kata Riri
Sepatu butut djual lagi
Ternyata sepatuku buatan bokapnya Riri

( Hikmah : jangan terpedaya merk)

Jika melihat hasil terjemahan itu, Mas Wandi -guru yang asli Sukoharjo itu pasti berkata ” Translator,terjemahanmu kurang tepat, coba diulangi lagi “.

Lha kalau saya,bekas tentara tur arek Suroboyo, pasti† langsung njeplak ” Translator, kamu mendem gadung yaaaa…push up kamuuuuuuu!!”

Padahal yang salah kan saya,menulis artikel tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

  1. 5 Juni 2009 pukul 11:09

    makasih mas infonya,
    aku ikutan pake juga ya..

    • 5 Juni 2009 pukul 12:55

      -silahkan dicoba
      -salam

  2. Rss
    9 Juni 2009 pukul 00:20

    Bermanfaat banget infonya mas, tengkyu..

  3. 23 Februari 2010 pukul 05:39

    ini ilmu dari mas booting itu tho..

    iya sayang ha ha ha..namanya mas EKO

  4. 23 Februari 2010 pukul 05:39

    itu puisi sbujugi jd tambah aneh hahahahaaaa

    namanya puisi ngesot

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: