Manfaat blogwalking

Artikel yang membahas manfaat blogwalking (anjangsana ke blog lain) tentu sudah banyak dibuat oleh sahabat-sahabat yang memang ahlinya.Disini,walaupun judulnya Manfaat Blogwalking tetapi saya tidak akan menulisnya secara ndakik-ndakik(muluk-muluk atau panjang lebar dan mendalam).Saya hanya akan menceriterakan secara singkat saja apa yang saya peroleh dari acara kenegaraan dalam bentuk jalan-jalan di lingkungan blog itu.

Manfaat yang saya rasakan setelah saya mengunjungi blog para sahabat antara lain :

1.Tambah ilmu, karena ternyata di blog-blog yang saya kunjungi artikelnya bermacam-macam, apik-apik dan sungguh bermanfaat bagi saya yang baru mulai belajar ngeblog.Artikel dalam bentuk tutorial, trick and tips,free down load dan sejenisnya biasanya saya coba untuk mempraktekkannya di blog saya. Blog berisi artikel bidang ipolesosbudhankam ( mirip istilah yang sering dipakai oleh lingkungan polhukam,kan) tentu juga menambah wawasan saya.Demikian pula artikel tentang agama Islam mudah-mudahan semakin memperkokoh keimanan dan ketaqwaan saya kepada Allah swt.

2. Semakin banyak teman ,karena setelah selesai kunjungan biasanya saya ninggali oleh-oleh ala kadarnya berupa komentar atas artikel yang sudah saya baca.Beberapa saat kemudian ternyata mereka juga sudah mampir di blog saya sebagai acara kunjungan balasan.Acara kunjung-mengunjungi ini biasanya ada yang dipakai untuk menandatangani MOU-Memorandum of Understanding alias Nota Kesepahaman untuk tukar-menukar link.Tentu berdasarkan kesetaraan,saling pengertian,saling menguntungan dan saling menghormati kedaulatan blog masing-masing (kok mirip istilah di deplu sih)

3. Mencegah terjadinya peristiwa tragis ” seperti katak dalam tempurung”.Istilah ini tentu saya pinjam dari peribahasa yang dibuat oleh the founders of tempurunk karena saya sendiri belum pernah mengintip apa saja sebenarnya kegiatan katak didalam tempurung itu.Dengan blogwalking, saya yang tadinya merasa bahwa blog saya ini paling ngeTOP ternyata hwaaaaa…..masih jauh dibandingkan dengan blog para pendahulu saya, baik tampilan,asesoris maupun artikel.Apalagi kalau dilihat dari jumlah pengunjungnya,blog saya yang baru merayakan hadirnya pengunjung ke.1000 kemarin siang tentu keok.Belum lagi dilihat kualitas artikelnya, saya masih harus banyak lagi mengisi artikel-artikel yang lebih berkualitas.

Kegiatan blogwalking Insya Allah akan saya teruskan,baik ke blog baru,setengah baru,baru,baru sekali maupun blog yang sudah tidak baru.Ini tidak ada hubungannya dengan traffic atau sebagai pertamax (ini istilah yang baru saya ketahui kemarin). Bagi saya, membuat blog adalah untuk menyalurkan apa yang ada dipikiran saya, utamanya untuk peringatan bagi pribadi saya dan syokur-syokur kalau bermanfaat bagi orang lain.

Kepada sahabat-sahabat yang blognya saya kunjungi dan sudah mengunjungi blog saya maka saya mengucapkan terima kasih.

Iklan

Penulis: Pakde Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi. Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway. Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

19 thoughts on “Manfaat blogwalking”

Komentar ditutup.