Beranda > Opini > Blog ini Blog itu

Blog ini Blog itu

6 Juni 2009

Blog yang merupakan singkatan dari weblog kian menjamur ditanah air.Ini merupakan salah satu indikasi bahwa sebagian rakyat Indonesia sudah melek teknologi.Tujuan orang membuat blog tentu juga bermacam-macam,mulai dari yang iseng-iseng sampai yang menjadikan blognya sebagai sarana untuk menjemput rejeki.Tentu saja bagi blogger yang belum bisa memanfaatkan blognya untuk memperoleh uang harus terlebih dahulu mempunyai uang untuk membayar biaya koneksi internet,dirumah maupun di warung internet.

Secara agak rinci (supaya daftar ini fleksibel untuk ditambahi oleh sahabat-sahabat), tujuan membuat blog adalah :

1.Menyalurkan minat dan bakatnya, baik melalui tulisan atau gambar.

2.Mengasah,mempertajam,dan mengaplikasikan  pengetahuan dan ketrampilannya dibidang ilpengtek agar semakin lama semakin meningkat.

3. Membagikan ilmu dan ketrampilannya agar bisa dimanfaatkan oleh orang lain secara gratis maupun tidak gratis.

4.Menjadi penyambung lidah bagi instansi,institusi,badan atau perusahaan tertentu untuk mempromosikan kebijakan dan atau produk tertentu.

5.Mempengaruhi,mengajak dan atau mendorong pembacanya secara langsung atau tidak langsung untuk mengikuti keinginan pembuat blog,baik yang positif maupun yang negatif.

Berdasarkan tujuan diatas maka jenis-jenis blog juga bermacam-macam.

1.Blog yang berisi artikel keagamaan.

2.Blog yang berisi artikel bidang politik.

3.Blog yang berisi artikel bidang sosial.

4.Blog yang berisi artikel bidang seni,tradisi dan budaya

5.Blog yang berisi artikel bidang pertahanan dan keamanan.

6.Blog yang berisi artikel bidang ekonomi.

Dilihat spesifikasinya ( hallaaaah..apa sih nama yang enak) bisa digolongkan menjadi dua yaitu:

1.Blog special, isinya hanya satu bidang saja misalnya tentang komputer saja, atau special dengan dua atau tiga telor misalnya : teknologi-arena disini ditulis semua pengetahuan tentang teknologi.

2.Blog umum, berisi aneka artikel,campur-campur atau gado-gado (bahasa Jombang nya-“sembarang kalir” ada)

Nah setelah membaca tujuan  pembuatan blog dan jenis-jenis blog diatas kita tinggal memilah dan memilih mana blog yang mendatangkan kemaslahatan dan blog mana yang mendatangkan kemudharatan bagi kehidupan kita didunia maupun diakhirat kelak.

Namun harus diingat juga bahwa jika kita mengunjungi blog yang mudharat ( misalnya :situs yang memuat artikel dan gambar mesum) kemudian kita memberi komentar berupa saran agar “si dia” mengubah image blognya kearah yang positif berarti langkah kita sudah benar. Tetapi kalau kita berlama-lama duduk disitu sambil menikmati artikel dan gambar mesum , Zoom in,zoom out,dan bolak-balik menelan ludah dan kekamar mandi ( karena memang mau BAK) maka arah kompas kita harus segera dibetulkan.

Itu menurut saya lho !

Kategori:Opini
%d blogger menyukai ini: