Articles by request

Karena sering menonton acara Ungu by request, Raja by request dan request-request lainnya ,saya kok jadi punya ide agak nyleneh ya.Ada nggak orang yang berani menulis artikel atas pesanan pengunjungnya he..he..he.Saya istilahkan dengan ” articles by request”. Dia mesti punya blog khusus,misalnya blog tentang politik,blog tentang ekonomi kerakyatan,blog tentang Akidah dan sejenisnya.Kan jarang seseorang menguasai bermacam-macam ilmu secara “agak mendalam”.Kalau hanya kulit-kulitnya barangkali banyak.Saya misalnya, dibekali ilmu kemiliteran secara agak mendalam namun juga dikasih ilmu pendukung lainnya agar kelak tidak kelihatan ndesonya.Saya tahu soal ekonomi hanya sedikit;ilmu politik juga sedikit dan ilmu-ilmu lain serba sedikit.

Demikian pula halnya jika ada orang yang mau menjalankan ide aneh saya ini.Dia harus tahu satu bidang yang dipilihnya secara mendalam dan mengetahui bidang lain secara sepintas.

Misalnya dia membuat blog khusus bidang komputer.Dia harus benar-benar faham soal komputer dengan segala pernak-perniknya.Jika ada pengunjung yang memesan “Cak tolong saya dituliskan tentang Bahaya Komputer terhadap kesehatan jiwa anak “, maka dia akan menuliskannya untuk si pemesan.Tetapi dia juga harus tahu walau sedikit tentang kesehatan,anak, dan lain-lainnya.

Blog itu pasti ada halaman tentang “Daftar Pesanan Artikel”,lalu ada halaman “Artikel Jadi “, Buku Tamu,dan lain-lain. Jadi pengunjung yang akan memesan artikel tinggal menuliskannya di halaman “Daftar Pesanan Artikel”. Pemesan menuliskan :artikel apa yang ingin dipesannya,untuk apa,kapan artikel itu diperlukan,identitas pemesan,dan lain-lainnya. Pemilik blog tinggal menulis balasannya :“Akan saya kerjakan dalam waktu sekitar 10 hari” atau ” Sabar ya,pesanan artikel sedang menumpuk,silahkan kembali dua minggu lagi “

Lalu apa imbalannya kepada pemilik blog jika pemesan memperoleh artikel yang diinginkannya? Defaultnya sih “ya nggak dikasih imbalan,itung-itung beramal atau sharing pengetahuan sekaligus melatih ketrampilan menulis”. Tetapi kalau ada pemesan yang kirim duren kepada pemilik blog sebagai tanda terima kasih kan tidak dilarang undang-undang.

Selain pemesan,pengunjung lain juga bisa menikmati artikel pesanan sahabatnya itu.

Anda pasti tertawa atau bahkan mbatin gini :” Pak Cholik tadi sarapan apa ya kok bisa punya ide absurd kayak gitu ??”

Yahhh..namanya juga gagasan, kan juga tidak ada larangan dari aparat sepanjang tidak mengganggu ketertiban umum dan mencemarkan nama baik.

Hayo siapa yang berani menjadi penjuru membuat blog dengan “articles by request” ?

Iklan

Penulis: Pakde Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi. Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway. Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

11 thoughts on “Articles by request”

  1. Assalamualaikum Mas Cholik,
    Wah itu ide yang bagus mas,Terima kasih telah berkunjung ke Blog Pengawas Indonesia.Mohon izin blog mas mau saya blogroll. Wasalam,

  2. Dah banyak kok pak master blogger yg nulis artikel pesanan diblognya yg tentu sesuai dg bidangnya (kalo ga dibidangnya justru bahaya pak, istilahnya “dhollu wa adhollu”)
    Tapi sayang master2 diatas kebanyakan sekarang dah jadi blogger matre (gak semua lo..) dan jadi neolib (minjem iklan di tipi) dg monetizing blog (walaupun sah sah saja) yg ilmunya ditulis di ebook dan dijual.

  3. Ada kok, Pak, profesi ghost writer, menulis artikel atas pesanan orang. Dia dibayar profesional, dan hak karya cipta jadi punya pemilik blog yang beli artikelnya 😉 Saya mau jadi ghost writer, kalo ada yang butuh 😉

Komentar ditutup.