By the way

Lelucon yang berhubungan dengan bahasa sepertinya tidak pernah kering.Inilah sebagian diantaranya.Nama-nama sengaja ditulis bukan nama aslinya guna menghindari tuntutan“pencemaran nama baik”

1.Dua orang sahabat yang sedang mengikuti pendidikan diluar negeri tampak asyik berbelanja di PX (Post Exchange-sebuah pertokoan dikomplex serdadu luar negeri yang ada toko kebutuhan dapur).Mereka bermaksud membeli bahan keperluan makan.Maklum cowok-atau cewek bujangan yang tinggal di BOQ (Bachelor Officer Quarter) harus masak sendiri atau makan dikantin.

Salah seorang yang bernama Rumaji menunjuk sayuran jamur sambil berkata kepada penjaga counter sayuran :” Miss..miss I want to buy this”.Rumaji tampaknya tidak tahu bahasa Inggrisnya jamur.Penjaga yang cantik itu langsung tanggap :” Ohhhh..mushroom”

Rumaji agak tak percaya cewek tadi mengenalnya dan (disangkanya pinter bahasa Indonesia):” Lho sampeyan kok tahu nama saya?”.Teman yang satunya langsung menyikut Rumaji sambil grenengan:” Mashroom itu bukan namamu tetapi terjemahan dari kata jamuuuuuurrrrrrrr”.

Rumaji ..Rumaji…,Mushroom bukan Mas Rum.

2. Pagi itu bos bermaksud meninjau dapur kesatuannya untuk memastikan bahwa anggota kontingennya mendapatkan makanan yang bergizi mengingat beratnya tugas yang dihadapi didaerah yang cukup keras dikawasan Afrika.Setibanya di dapur bos langsung mencicipi nasi dan lauk-pauk hasil masakan bintara masak.

Tiba-tiba bintara juru masak menghormat dan laporan :” Excuse me ,Sir. The food is not so good because the chicken is broken and…”. Belum habis kalimat lanjutan,kepala bagian dapur menjawil bintara masak sambil berkata ” Dik, bukan chicken tetapi kitchen…”.Bintara yang memang suka slengekan bukannya memperbaiki kalimatnya tapi langsung menjawab: “Halaaah.. gak apa-apa, kan tangan saya tadi sudah menunjuk ke dapur,jadi chicken atau kitchen gak jadi masalah.Buktinya bos manggut-manggut kok”


3.Bos selalu mengingatkan agar anggota kontingennya selalu menggunakan bahasa Inggris dimanapun berada walaupun sedang bersama teman setanah airnya.Hal ini untuk membiasakan agar lidahnya tidak kaku.Ketika melihat anak buahnya asyik berbincang sambil tertawa-tertawa si bos menghampirinya.” Hai guys,what are you doing?”. Anak buahnya yang terkenal berani ngomong langsung menyahut:” We just by the way,Sir”. Tampak bos agak tidak ngeh dengan jawaban itu.” what do you mean with” by the way ” ?. “I mean just ngomong-ngomong,Sir“,katanya mencoba menjelaskan.

Rupanya si anak buah sering membaca sms berbunyi btw alias by the way yang diartikannya “ngomong-ngomong”.

Iklan

Penulis: Pakde Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi. Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway. Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

5 thoughts on “By the way”

Komentar ditutup.