Beranda > nJawani > Gajah beranak Bleduk

Gajah beranak Bleduk

13 Juni 2009

Orang Jawa memang agak kebangeten kok.Lha wong binatang segede gajah kok anaknya disebut “bledug”,padahal bledug itu kan sak-ciprit banget.Bahkan,budheng (sejenis monyet) anaknya disebut “Kowe” (bukan you lho).Jadi kalau ana-anak main tebak-tebakan ” Anaknya budheng apa namanya?”, si penebak tinggal mengarahkan jari telunjuknya saja kepada si penanya.Pemberi tebakan pasti ngeyel” Bukan aku tapi kowe!”.Yang ditanya juga tidak mau kalah langsung bilang ” Lha iya kowe”. Akhirnya anak-anak yang tadinya rukun dan damai mendadak cakar-cakaran gara-gara kowe.

Mungkin nenek moyang kita tidak mengadakan sidang komisi yang berlanjut ke sidang paripurna terlebih dahulu tatkala akan memberi nama anak-anaknya binatang.

Mumpung jembatan Suramadu baru saja diresmikan oleh Pak SBY,maka berikut ini daftar nama-nama binatang beserta nama anaknya (halah..halah apa sih hubungannya dengan Suramadu). Daftar ini untuk memudahkan orang-orang dan atau anak-anak yang baru saja rekreasi di jembatan Suramadu dan mampir rekreasi ke Kebun Binatang Surabaya,mengetahui bahwa anaknya budheng itu kowe.

1.Anak Asu(anjing): kirik             26.Anak kodok(katak) : precil

2.Anak kebo(kerbau): gudel       27.Anak Kethek(kera): munyuk/kenyung

3.Anak sapi : pedhet                      28. Anak kura : laos

4.Anak kambing: cempe               29.Anak macan: gogor (bukan Gogon lho)

5.Anak jaran(kuda) : belo            30.Anak Luwak :kuwuk

6.Anak Gajah : bleduk                    31.Anak menthok: meri

7.Anak banteng: wareng               32.Anak merak : uncung

8.Anak kucing:cemeng                   33.Anak nyambik (biawak) : slira

9.Anak bulus(kura-kura): ketul   34.Anak yuyu(kepiting sawah): beyes

10.Anak ayam: kuthuk                    35.Anak welut(belut): udhet

11.Anak manuk(burung): piyik   36.Anak walang(belalang):dhogol

12.Anak babi: gembluk                   37.Anak ula(ular): kisi/ucet

13.Anak bandeng: nener                38.Anak singa: dibal

14.Anak  cecak : sawiyah                39.Anak udang:  grago

15.Anak bebek : meri                        40.Anak Tawon: gana

16.Anak cacing : lur                           41.Anak tikus : cindhil

17.Anak gagak :engkak                     42.Anak tumo(kutu):kor

18.Anak iwak(ikan): beyong           43.Anak tekek:celolo

19.Anak Jangkrik: gendholo           44.Anak lintah: pacet

20.Anak kancil : kenti                        45.Anak laler : set

21.Anak banyak(angsa): blegur      46.Anak nyamuk : jenthik

21.Anak boyo(buaya): rete               57.Anak luwing:gonggo

22.Anak celeng: genjik                        58.Anak wrak(badak) : plencing

23.Anak kadal : tobil                            59.Anak coro(kecoa): mendhet

24,Anak kidang(kijang) : kompreng 60.Anak Kalajengking : ketupa

25.Anak kimar(jerapah): kedah         61.Anak lele : jabrisan

Jika diatas adalah nama anak-anak binatang.

Jika isi buah sawo namanya kecik dan isi buah emangka namanya kwaci; hayoooo siapa yang tahu isi buah duren tuh namanya apa ????

  1. 13 Juni 2009 pukul 20:44

    Comment the first….🙂
    Tambahan kalo di daerah saya :
    Anak kucing : bilatung, anak kebo bin kerbau : eneng, anak monyet : oces, etc… hehe D)

    • 13 Juni 2009 pukul 21:34

      asyik ada tambahan pengetahuan lagi nih
      thanks mas

  2. guskar
    13 Juni 2009 pukul 21:27

    pakdhe, saya tambahi yo..itung2 ngeling2 jaman sekolah dulu :
    isi asem = klungsu
    isi cipir = botor
    isi duren = pongge
    isi jambu = jebug
    isi kapas = wuku
    isi kates = trempos
    isi kluwek = pocung
    isi kluwih = bethem
    isi kesambi = kecacil
    isi mlinjo = klathak
    isi nangka = beton
    isi pelem = pelok
    isi randhu = klentheng
    isi salak = kenthos

  3. 13 Juni 2009 pukul 21:40

    wah saya dah banyak yang lupa mas
    thanks kunjungannya
    salam kompak

  4. GiE
    13 Juni 2009 pukul 22:10

    Ueleh… panjang banget list nama anak-anaknya, pakde…

    Ternyata nama binatang itu bisa punya nama anak juga ya… Baru tahu aku! Hihi…😆

    • 13 Juni 2009 pukul 22:18

      -itu baru sebagian lho,yang kecil2 belum masuk he..he..he
      -thanks dah mampir

  5. agus
    14 Juni 2009 pukul 00:21

    hebaaat…!
    saya malah lupa-lupa inget tuh mas…tentang ini..
    bagus postinganya…

  6. 14 Juni 2009 pukul 07:34

    -Wah kalau mas Agus lupa entar nggak bisa ngajari putranya donk
    -Thanks sudah mampir.

  7. 14 Juni 2009 pukul 08:52

    inilah yang disebut kearifan lokal ya pak…
    terimakasih dah mampir ke gubug saya🙂
    terus berkarya untuk bangsa !

    wassalam

    • 14 Juni 2009 pukul 09:47

      -Terima kasih juga mas atas kunjungan dan komentarnya
      -salam hangat dari Sutabaya

  8. ningrum
    14 Juni 2009 pukul 17:50

    aduh, jadi malu. saya orang jawa tapi… ^_^

    • 14 Juni 2009 pukul 18:14

      -anak-anak Jawa jaman sekarang emang pelupa kok
      -thanks sudah mampir

  9. Kenty
    17 November 2009 pukul 17:56

    anak menthok bukan meri

    anak menthok minthi

    ee benar, meri kan anak bebek,thanks ralatanya

  10. 17 Desember 2009 pukul 13:55

    Anak kampret=kelelawar

    benar,thanks

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: