Beranda > Kiat > Tips enteng ngeBlog bagi pemula.

Tips enteng ngeBlog bagi pemula.

5 Juli 2009

Bagi manusia pengangguran seperti saya barangkali nongkrong berjam-jam diblog tak jadi masalah.Lain halnya dengan para sahabat yang mempunyai dua fungsi ya bekerja (mencari nafkah atau sekolah/kuliah) ya ngeblog,tentu tidak bisa terus-terusan ndekem didekat laptop atau PC.

Ini ada tip ringan tentang cara mengelola waktu bagi anda yang bekerja dan juga seneng ngeblog,utamanya bagi pemula.

1.Dirumah.Setelah sholat subuh(bagi muslim),buka laptop/PC lalu membuat artikel atau postingan.Karena waktunya pendek maka 1 postingan sudah cukup.Jangan melirik komentar atau postingan orang lain dulu agar tidak kepincut untuk membalas komentar atau membuat komentar.Pastikan artikel anda tetap menarik dan mengandung unsur w5-2H.

2.Ditempat kerja(utamanya yang bekerja dikantor dan statis dimeja kerja serta ada fasilitas komputer atau laptop).Membalas komentar para sahabat atau membuat komentar atas artikel sahabat.Karena sambil bekerja usahakan paling lama 10 menit,dan kalau ada waktu senggang lagi buatlah komentar dalam waktu maksimal 10 menitan.Jadi dikantor bisa bekerja sambil ngeblog,tetapi bekerja lebih diutamakan.Jangan lupa lirak sana-lirik sini agar tidak dimarahi bos.

3.Dirumah lagi.Karena waktunya agak panjang maka waktu senggang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan sebagai berikut :

-Cek artikel yang tadi pagi dipublish,lihat komentar sahabat,jika ada langsung balas komentar mereka.

-Adakan blogwalking di blog sahabat terlebih dahulu,lanjutkan ke blog yang berkualitas untuk menyerap ilmu sambil silaturahmi dan mencari sahabat baru.Jika masih ada waktu kunjungi blog-blog yang pageranknya tinggi dan jangan lupakan mengunjungi blog-blog baru yang jalannya masih nguler-kambang,untuk memberi dorongan melalui komentar kita.

-Mempelajari artikel-artikel yang bermanfaat untuk kemajuan blog kita dan menambah wawasan dengan ilmu pengetahuan yang lain guna mendukung tugas dikantor maupun disekolah/kuliah.

Kegiatan tersebut diatas sudah termasuk waktu untuk makan,sholat,momong anak,guyon dengan isteri,suami,anak,nonton TV .Bagi para pelajar atau mahasiswa sudah termasuk waktu untuk belajar untuk kegatan sekolah/kuliah dan kegiatan-kegiatan pribadi/sosial lainnya.

Dan jika anda juga harus menyiapkan makan,jangan lalaikan kewajiban itu.

Aku jago masakSelain ikut lomba ngeblog,ikuti juga lomba masak.

(nggak ada hubungannya kalee)

  1. 5 Juli 2009 pukul 05:55

    kalo saya biasanya kecantol yang nomer satu om…

    mungkin karena masih fresh ya mas.

  2. zefka
    5 Juli 2009 pukul 06:37

    kalo gw update blognya di rumah terus… di kantor gak kasih akses, jadi bisa disambi apa aja.. kadang kalo lagi datang moodnya bisa bikin lebih dari 2 artikel perhari, kalo lagi stucked malah hampir 1 minggu gak produksi hehehe🙂

    sama mas karena saya gak punya kantor lagi he..he..he.
    Saya usahakan update tiap hari kecuali lagi traveling dan gak bawa laptop.

  3. 5 Juli 2009 pukul 07:27

    Kalo saya semuanya. Asalkan yang di kantor ganti di sekolah. Larak – lirik guru ngeliatin ga saya online

    pake beri-beri ya non?

  4. Saka
    5 Juli 2009 pukul 09:28

    wadaaaaaaaawwww top margotop tipsnya pak de nih…😆
    kalo sayah mah… dirumah, dirumah, dan dirumah…. asli pengangguran… huuahahahahhaaaa:mrgreen:

    weleh..weleh..ngguyune rek,sama mas,aku juga orang rumahan.suwun

  5. 5 Juli 2009 pukul 11:03

    hebat..hebat salut aku sama pakdhe satu ini….ide menulisnya koq selalu muncul tiap jam?????

    dahar opo to pakdhe koq segitu energik nya?
    eh masak opo kui???

    Saya memang tidak muda lagi,tetapi menarik lebih lama,semua berkat Natur-E,ha..ha..ha,iklannya Widyawati dulu.Gambar itu waktu lomba memasak nasi goreng,masakanku tak kasih nama “Nasi Goreng Jombang Bergoyang”,Makasih mbak.

  6. 5 Juli 2009 pukul 11:42

    Saya paling susah mengaplikasikan tips nomer 1. Entah kenapa saat berada di depan komputer pikiran saya kemana2. IDe itu banyak, bahkan selalu berkeliaran mengisi otak saya sehari-hari. Tapi anehnya saya susah menuangkannya melalui tulisan.

    Mungkin karena saya orang nya prefeksionis kali ya, jadi selalu memikirkan kata2 atau kalimat yg terbaik utk dituliskan. Saya ga bisa apa adanya seperti blogger2 senior lain..

    Menulis adalah pekerjaan yang sangat melelahkan, tapi menyenangkan bagi otak saya.

    saya sudah36 tahun menulis yang serius mas,sekarang menulis yang enteng-sederhana saja,tapi tentu ada selipan hikmah atau pelajaran didalamnya,walau sedikit.

    Karena sudah tua,maka begitu timbul ide,langsung tak catat pointnya.Lha ide itu bisa timbul waktu rekaman,waktu nyetir,waktu dikereta api dan lain-lainnya je.Kalau gak dicatat biasanya lupa..he..he..he.Makasih kunjungannya.

  7. backpackerman
    5 Juli 2009 pukul 23:52

    saya hanya ingin menulis saja.. itu termasuk tips ngga Pakdhe??
    btw.. boleh icip2 masakannya nggaaaa… hohohoh

    menulis termasuk tips lho mas,asal ditambhi”menulis terus dan apik” he..he..he

  8. 6 Juli 2009 pukul 08:55

    OK deh……….

    oke juga

  9. 6 Juli 2009 pukul 10:07

    hehe..om..saya klo dah ngeblog jadi lupa waktu nih,wong dkantor,dirumah dan dirumah lagi.juga sama aja..kegiatannya y bgitu aja. sya rasa emg penting om kita mengatur waktu untuk ngeblog,sekedar ngasih komen ato blogwalking keteman blogger lainnya,saya sih termasuk baru ngikutin blog.bbrp hari ini karena keasyikan ngeblog,karena harus bales kunjungan yg datang jg cari-cari info tentang blogging dan memperbanyak postingan.sampe-sampe waktu tidurpun jadi mundur..hehe..salam kenal ya pak,sekalian kita tukeran link.


    iya kalau tak diatur waktu kasihan teman ys sudah mampir gak kelihatan.salam balik mas,yuk tuker link biar gayeng.

  10. Yep
    6 Juli 2009 pukul 10:36

    Wow…sip banget tips ngeblognya nih….klu saya dimana saja dan kapan saja…klu sempet lho 🙂

    saya juga,kalau pulang kampung saya bawa laptop,kebetulan pake IM2,walau gak ada tilp tetap bisa ngeblox

  11. 6 Juli 2009 pukul 13:40

    Aku jg make yg no. 1 . . Aq praktek dkantor, tp PC tmpatku gk ada
    internetx. . payah

    pake IM2 aja mas

  12. 6 Juli 2009 pukul 16:32

    kalo saya pakde gak bisa dirumah, soalnya rumah saya jauuuh sekali plus g ada koneksi internetnya. saya sukanya dikost aja, mandangin komputer he….

    kost juga diartikan rumah kan mas,rumah saya di jombang juga gak ada tilp tapi saya bw IM2,jadi siap ngeblox.

  13. 6 Juli 2009 pukul 21:07

    cie…sebagai seorang bujangan saya akan mengikuti tips yang pa’de sampaikan…terima kasih salam hormat pa’de…^_^…V

  14. 6 Juli 2009 pukul 21:58

    Tips nya berguna sekali pak dhe…
    Oya gantian saya mau kasih award ke pak dhe sebagai tanda persahabatan, tolong liat di blog saya ya…
    ( baca: lagi2 award & award satu lagi)
    Semoga pak dhe mau menerimanya.

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
