Beranda > Kiat > Self hosting,siapa takut?

Self hosting,siapa takut?

11 Juli 2009

Seperti yang sudah pernah saya katakan pada artikel terdahulu bahwa saya termasuk orang yang mudah terangsang.Beberapa sahabat yang saya mintai pendapatnya melalui artikel Umpan menyarankan agar saya beralih ke hosting berbayar.Selain itu,kemarin saya membaca artikel mas Rismaka berjudul Sepuluh Alasan Untuk Pindah ke WordPress Self Hosting,isinya memang bernada provokasi alias meng-kompori-kompori sehingga saya benar-benar menjadi anget dan berkeringat karena merasa tertantang.Ada gejolak jiwa yang menendang-nendang.

Sepuluh keuntungan tersebut adalah:

1. Keren dan exclusive.

2. Menambah ilmu dan ketrampilan.

3. Data kita relatif lebih aman.

4. To be professional.

6. Java script enable.

7. Menghasilkan uang.

8. Menambah relasi dan teman.

9. Mudahnya mendapatkan jawaban dari komentar kita.

10. Anda mempunyai hak cipta (copyright).

Karena saya sudah anget maka setelah menimbang,mengingat dan memperhatikan 10 alasan diatas,saya memutuskan untuk membuat blog lagi selain blog yang sekarang.

Untuk keperluan diatas,saya terlebih dahulu membaca paling tidak 3 artikel sahabat saya yang menjadi shohibul bootingskoblog.com.

Selanjutnya saya menuju ke RumahWeb dan untuk melakukan penjajagan.Tentu saya akan menggunakan personal hosting dengan domain berbasis.com.Saya pilih .com karena otak dan tangan saya sudah hafal benar dengan kata .com itu.Selain itu tidak banyak persyaratan administrasi yang harus dipenuhi jika menggunakan .com.Ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan mantan pacar saya di SMP dulu yang bernama Comariah,putrinya kepala desa yang cantik,manis dan senyumnya membikin banyak pemuda nggeblak itu.

Saya kemudian mengecek hal-hal sebagai berikut:

  1. Spice, ternyata personal hosting hanya menyediakan maksimal 50 MB dengan traffic 400MB/bulan.
  2. Saya intip isi personal hosting dengan spice 50MB itu untuk mengecek apakah ada control panel:CPANEL (ternyata ada),Pantastico (pre-installed Scripts)-ternyata juga ada. Kedua hal inilah yang disarankan oleh keponakan saya si Dinda Ayu Rahmi untuk dicek.
  3. Selanjutnya saya ingin mengetahui berapa biaya yang harus saya keluarkan,untuk menyesuaikan dangkal-dalamnya dompet saya.Ada 3 komponen yang harus dibayar yaitu:
  • Biaya Registrasi (sekali bayar)
  • Harga (per 6 bulan)
  • Harga domain pertahun.

Jika memilih yang 50MB,kayaknya isi dompet masih cukup untuk mendanainya,bahkan didompet saya masih ada sisi sekitar Rp.7.500 untuk membeli nasi rawon plus kopi dan rokok 2 batang diwarungnya Yu Tun.

Sebelum meng-klik order now,saya merencanakan untuk mengadakan semacam pre-mission excercise(latihan pratugas) di medan per-bloggeran cc.co atau cc.cc.Paling tidak dengan latihan pratugas selama 10 minggu saya berharap sudah agak hafal mengemudikan hosting berbayar.Begitu saya launch blog baru nanti setidaknya saya sudah pada taraf mengerti dan trampil sehingga tinggal memoles pernak-perniknya saja.

Untuk nama mungkin saya akan memakai:abdulcholik.com,karena ini adalah namaku sendiri sehingga mudah dalam penyebutannya.

Soal hosting atau domain,mungkin ada saran dari para sahabat agar saya benar-benar mendapatkan tempat yang murah,bagus,lancar dan tidak banyak tuntutan ?

Terima kasih sahabat.

Kategori:Kiat Tag:, , ,
  1. 11 Juli 2009 pukul 05:36

    Mas, maaf bukan sok pintar ya (masih oot kok), buat saya penggunaan internic .com rasanya kurang pas jika digunakan untuk personal blog, karena dari sononya internic .com ditujukan untuk perusahaan (com=company), menurut saya sih personal blog lebih baik menggunakan internic .net, .info, .name, .ws, tetapi kemudian terpulang kepada kebiasaan saja. memang sekarang sudah menjadi rancu, blog pribadi tetapi menggunakan internic .com yang notabene memang ditujukan untuk perusahaan. Maaf mas, ini hanya sekedar sebuah pendapat, silahkan mas cholik tanyakan sama yang lebih expert. (ach sok pintar nih aku….)

    Wahhh,saya malah belum pernah membaca dengan rinci soal istilah2 itu je mas,ha..ha..ha maklum masih amatiran.Tampaknya harus saya tinjau ulang soal nama domain ya mas agar kelak tidak memalukan Corps Blogger.Thanks sudah mampir pertamax dan masukan2-nya.

    • 12 Juli 2009 pukul 08:48

      Tapi tidak juga mas. Secara mascholik.com juga sebuah company juga tho? hehehe, company yg personal, mirip2 CV gitu deh.

      • 13 Juli 2009 pukul 16:47

        Sekarang banyak juga yang pakai net, seperti rismaka dan didats.

  2. 11 Juli 2009 pukul 05:44

    Tambahan, kalau benar saya ucapkan SELAMAT NAIK KELAS ? hey….hey….what wrong ? Nothing bro….kemaren saya lihat PR-nya masih 0/10, alias masih TK, tetapi pagi ini saya lihat sudah menjadi 2/10, alias PR 2…..keep blogging and keep your goog job.

    Alhamdulillaah mas.Saya juga kaget,habis sholat subuh tadi saya buka blog kok disamping kiri PR saya menunjukkan angka 2/10 dan Alexa juga naik lagi,kemarin masih 560.701,pagi ini menjadi 471.060.Thanks mas supportnya.salam

  3. 11 Juli 2009 pukul 07:37

    Bagus tu… merambah ke blog/website komersil.. biar ada sisi lain yg akan diperoleh..??
    Slamat ..C,U

    wahh untuk sisi lain masih jauh kayaknya mas,saya hanya ingin punya rumah baru,kan gak nyaman dirumah dinas terus he..he..he

  4. 11 Juli 2009 pukul 11:40

    ya pak… pindah aja… atau kalau bapak tertarik, bisa mengikuti kontes blog berhadiah domain dan hosting yang mungkin saja akan diluncurkan secepatnya. penyelenggaranya saya lo…. hadiahnya lumayan pak!

    1.saya tak cari hosting yang bagus dulu,mana tuh yang disarankan dinda kepada saya dulu.
    2.Wah kalau kontes perlu dicoba nich,tapi kalau materinya soal pernak-pernik SEO nggak bisa saya.

  5. 11 Juli 2009 pukul 13:13

    Wah, Pak Cholik postingan dan blognya makin maju aja nih. Salam dari Lamongan dan Tuban Pak

    makasih mas,lagi tak genjot nih menjelang 17 an..ha..ha apa hubungannya ya

  6. 11 Juli 2009 pukul 13:40

    bener mas, kita harus berani melakukan sesuatu yg kita yakini akan baik, skr aja sy sedang nunggu waktu utk pindah ke hosting berbayar…Ok salam kenal sobatku

    makasih mas,tadi saya masuk ke blog sampeyan,begitu post comment saya tekan kok mau sih,apa ada yang salah dengan jariku ya.salam kenal juga mas dari Surabaya.

  7. 11 Juli 2009 pukul 13:49

    saya cuman domain doang nih yang bayar, hehe

    lha saya malah nggak mbayar nih

  8. 11 Juli 2009 pukul 13:54

    wah bagus Pakdhe, Saya rencana juga mau beli domain.
    Sukses Pakdhe…

    yuuuk beli yang terjangkau saja yaaa,makasih

  9. KangBoed
    11 Juli 2009 pukul 14:21

    Waaaaah maju terus pak de ku chayaaaaank.. pokoknya saya dukung pak de yang baik ini
    Salam Sayang Selalu

    ini sudah majuuuuuuuuu mas,entar malah nubruk sampeyan lho,makasih juga chayankkkkkkkk

  10. 11 Juli 2009 pukul 17:21

    robby tunggu deh yah kehadiran website baru nya🙂

    ha..ha..ha nabung dulu mas,pangsiunan nich…

  11. 11 Juli 2009 pukul 17:35

    He…he…he….aku lagi, btw mas jangan terlalu terpengaruh dengan masukan saya, soalnya saat ini banyak kok blogger yang sudah pada tingkat grandmaster yang pake internic.com, contohnya http://www.fatihsyuhud.com, tapi kalau pak yusufkalla beliau pakai internic info.😀


    lha sampeyan kan malah grand final tho mas.Kalau saya pake .info malah nggak bisa ngocol he..he..he

  12. 11 Juli 2009 pukul 19:03

    Saya ucapkan selamat atas personal blog barunya, smg semakin semangat nge-blognya dan tentunya, berjuang lebih keras… Salam hangat dan sukses selalu.

    Lhaaa…wong baru ancang-2 kok mas,nunggu trima gaji pensiun ke-14 ,kalau ada,atau nabung dulu.Itu tadi baru langkah awal kok.

  13. 11 Juli 2009 pukul 19:19

    wah.. penjelasan nya bagus neh, ada kocak nya juga.. wkakaka

    biar nggak mikir pemilu terus mas he..he..he

  14. Om Agus
    11 Juli 2009 pukul 21:49

    waaah keinggalan berita nih… maklum lagi low bandwith
    semangat om…!
    biar lancar kalo nanti masih make mesin wordpress, saya saranin belajar wordpress di localhost aja. enak koq…! kemaren saya juga gitu..di tunggu abdulcholik.com nya yah..

    iya nih lagi cari2 hosting mana yg cocok.thanks supportnya

  15. 11 Juli 2009 pukul 22:18

    Daripada bingung, coba pake hosting wordpress.com saja mas, lebih murah banget..

    setahun cuma 100 rebu (kurang lebih), kalau plus domainnya cuman 150 rebu..
    :cumannya kagak nahan:

    kabur…🙂

    lho emangnya kenapa mas,banyak larangannnya ya?

    • 12 Juli 2009 pukul 05:40

      perasaan hosting di wordpress.com gratis yg bayar $10 buat upgrade enable domain dan $5 buat sekalian beli domain.

      Saya juga langsung praktek.
      Saran saya pak:
      – semakin cepat semakin baik (semakin banyak posting yg sdh dibuat akan semakin ribet).
      – Beli yg benar-benar berkualitas krn sy pernah beli domain dg harga murah yg ternyata murahan.
      – Test speed load website dulu.

      salam,
      aplikasihape.net

      Terima kasih masukannya mas.Blog ini akan tetap eksis dan saya ingin punya rumah baru.Jadi nggak renovasi blog ini guna menjaga keribetan yang mas sarankan tadi.
      Salam hangat dari Surabaya

  16. 12 Juli 2009 pukul 00:21

    Waaahhh, aku juga lagi pikir2 & tertarik untuk mengikuti jejakmu Pak, tapi sedang cari bahan untuk membulatkan pikiran saja… Makasih atas rekomendasi2 link itu ya, aku jadinya juga bisa belajar dulu… Kayaknya justru aku nih nanti yg bakalan nanya2 ke PakDhe, hehe…😛

    Lho,itu bukan rekomendasi lho mbak cantik.Wong saya crita tentang langkah-langkah untuk mewujudkan keinginan kok.Kalau mau tanya-tanya tarifnya mahal loch.he.he.he.

  17. 12 Juli 2009 pukul 00:43

    Sekedar saran aja pakde klo mau cari webhosting jangan lupa perhatikan bandwith. saya lihat trafic blognya pakde lumayan tinggi jadi jangan sampai nanti blognya pakde gak bisa diakses gara2 jatah bandwith bulanannya sudah habis. untuk webhosting yang bagus menurut saya untuk indonesia ardhosting.com, idwebhost dan jagoanhosting.com. untuk review web hosting bisa lihat di webhostingstuff.com baik dalam dan luar negeri.

    Terima kasih mas masukannya,akan saya tengok web yang sampeyan sarankan.Iye entar tak cari bandwith yang agak lumayan agar pelanggaan ehh sahabat nggak kecelik.

  18. 12 Juli 2009 pukul 08:46

    Selamat pak dhe. Semoga pakdhe telah mempertimbangkan baik2 utk pindah. (jika yg digunakan adalah kata “pindah”)

    Sekedar saran yang tidak bermutu, menurut saya jangan “pindah”, tapi “ekspansi” ke hosting berbayar.

    Begitu banyak blogger yang tidak mengerti potensi besar menggunakan blog gratis wordpress.com. Setelah mereka pindah, mereka justru menghapus blog yg di WP.com, atau tidak mengurusnya lagi. Ini adalah kesalahan dimana mereka menyia-nyiakan sesuatu yg berharga.

    Ok gitu aja dulu. Mungkin nanti saya akan postingkan tentang potensi besar yg dimiliki oleh blog gratis WP.com

    Sekali lagi sukses pak🙂

    Sependapat mas,maksud saya cari rumah baru,rumah dinas tetep ada kok.Tq

  19. 12 Juli 2009 pukul 19:54

    Lebih cepat lebih baik pakde. Memang blog berbayar lebih enjoy. LANJUTKEN!

    Siaaaaaaaaap ndan

  20. 13 Juli 2009 pukul 16:57

    Nambah masukan sedikit.
    Sebelumnya bikin/cari theme yang cocok. Kalo ga mau bikin sendiri banyak tersedia yang gratis dan tetep keren. Tapi justru karena banyak banget itu kadang malah bikin bingung.
    Setelah nemu yang cocok bisa langsung dipasang jadi hosting ga kelamaan nganggur karena nunggu theme…

  21. 14 Juli 2009 pukul 21:53

    semoga sukses ya pak, utk calon blog barunya.
    saya janji , nanti akan tetap berkunjung.
    salam.

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
