Beranda > SEO > 15 Tip untuk Meningkatkan Alexa Traffic Rank

15 Tip untuk Meningkatkan Alexa Traffic Rank

22 November 2009

Alexa traffic rank hampir sama dengan pagerank, artinya bisa naik dan juga bisa turun. Perbedaannya terletak pada periodisasinya. Jika pagerank di review tiap 3 bulan sekali maka traffic rank tidak demikian. Alexa traffic rank bisa naik dalam kurun waktu 2-3 hari, tergantung jumlah visitor (pengunjung) dan pageview (simak halaman) pada blog.

Pada bulan Agustus 2009, blog ini saya istirahatkan karena saya ingin lebih berkonsentrasi pada blog yang satunya. Demikian maka sejak saat ini saya tidak lagi menggunakan blog ini untuk melakukan blogwalking dan juga tidak mengupdatenya secara rutin, bahkan hampir tidak ada artikel baru yang saya terbitkan.

Pada saat blog ini demisioner, Alexa traffick rank berada pada posisi 300 ribu sekian. Ternyata dalam waktu 3,5 bulan, trafficnya turun menjadi 900 ribu sekian. Ini menunjukkan bahwa blog yang tidak ada aktivitasnya bisa diturunkan trafficnya oleh Alexa. Menurut saya ini logis.

Dari pengalaman diatas maka beberapa upaya untuk meningkatkan Alexa traffic rank adalah sebagai berikut :

  1. Lakukan update blog anda secara rutin dengan artikel yang menarik dan bermanfaat. Dengan cara itu pengunjung akan terus datang ke blog anda.
  2. // Submit blog kepada Search Engines yang populer misalnya Google dan Yahoo untuk memberitahu tentang blog anda. Dengan cara ini memberikan kesempatan blog anda untuk di comot oleh mereka.
  3. Buat dan update Blogroll. Dengan cara ini secara reciprocal mereka akan memasang blog anda di blogrollnya.
  4. Manfaatkan kekuatan komentar. Komentar merupakan alat yang sederhana dan penting untuk meningkatkan traffic. Jangan lupa membalas komentar mereka untuk menunjukkan respek atas komentar yang telah mereka berikan di blog anda. Sebaliknya anda juga jangan segan-segan untuk mengunjungi blog mereka dan meninggalkan komentar disana.
  5. Manfaatkan RSS Feed. Pasanglah tombol RSS feed di blog guna memudahkan pengunjung menemukan artikel anda beserta updatenya.
  6. Pasang link dan trackback. Ini adalah cara pemberitahuan yang sopan dan elegan jika anda mengutip sebagian kalimat pada suatu blog. Dengan cara ini pemilik blog akan mengintip blog anda. Jika mengutip dari blog yang platformnya sama (misalnya sesama WordPress), link akan di pink back secara otomatis sehingga kita tidak perlu membuat trackback.
  7. Pasang Tag yang jitu. Tag akan membuat blog mudah diketemukan oleh search engine dan juga memudahkan pengunjung untuk menemukan blog anda ketika mereka sedang melakukan pencarian di blog populer seperti Technocrati.
  8. Kirimkan artikel anda pada situs Social Bookmarking, misalnya Digg, StumbleUpon, Reddit dan lain-lainnya. Cara ini cara akan membuat blog anda dikenal dan dengan sendirinya menaikkan traffic.
  9. Jangan lupa melakukan SEO (Search Engine Optimization), termasuk memasang kata kunci (key word) yang sesuai. Namun juga jangan memasang keyword yang terlalu banyak, apalagi keyword yang tidak sesuai dengan artikel yang kita buat karena akan dianggap spam sehingga berdampak negatif terhadap blog anda.
  10. Jangan lupa memasang image/gambar pada artikel. Gambar bukan saja membuat blog anda tampak menarik tetapi juga membantu pengunjung menemukan blog kita di search engine. Jangan lupa memberi judul gambar yang SEO friendly.
  11. Pertimbangkan untuk menjadi “Guest Blogging” atau penulis tamu di blog sahabat dan juga undang blog sahabat untuk menulis artikel di blog anda. Dengan cara ini blog anda akan di expose di blog lain yang tentu akan menarik pengunjung dan meningkatkan trraffic.
  12. // Bergabunglah di forum, grup dan atau situs jejaring sosial seperti Facebook, LinkedIn dan lain-lainnya. Aktiflah dalam curah pendapat sumbang gagasan atau ide dan atau sekedar menanyakan sesuatu hal serta untuk memperkenalkan diri. Jangan lupa memasukkan alamat blog pada forum tersebut.
  13. Promosikan Blog anda secara offline. Tempatkan url alamat blog pada kolom tandatangan pada email, kartu nama dan sebagainya.
  14. Berbagai award atau hadiah lain dengan blog sahabat. Ini juga akan menarik perhatian mereka untuk berkunjung ke blog anda.
  15. Jangan Malu. Komunitas bagi suatu blog adalah penting. Jangan malu-malu untuk bertanya, berbagai ide dan gagasan atau sekedar memperkenalkan diri di forum-forum komunitas. Teriakkan sesuatu untuk menarik perhatian mereka.

Itulah 15 tip yang disarankan oleh Susan-Gunelius dalam artikelnya berjudul 15 Tips to Increase Blog Traffic yang layak kita cermati dan tak ada salahnya untuk dicoba.

  1. 22 November 2009 pukul 19:25

    Comment di sini…

    Terima kasih mas, kok tahu kalau saya sembunyi disini ya

  2. 23 November 2009 pukul 10:26

    infonya mantap dan bermanfaat, bisa jadi acuan loh mas

    terima kasih atas apresiasinya

  3. 24 November 2009 pukul 06:49

    wow…terima kasih pak atas tips nya…
    salam

    wow sama-sama mas, terima kasih kunjungannya.salam

  4. mytemporarykitchen
    24 November 2009 pukul 11:10

    thanks infonya pakdhe…

    sama2, kapan saja dikasih info ??

  5. 27 November 2009 pukul 20:06

    Infonya mantabs Pakde
    Sukses!

    terima kasih atas apresiasinya mas

  6. 30 November 2009 pukul 10:14

    Manteb, makasih ilmunya ya pakde..

    sama2 nduk

  7. 13 Desember 2009 pukul 11:28

    okelah kalau begitu!

    oke mas

  8. 2 Januari 2010 pukul 22:56

    makasih mas atas infonya salam kenal

    thanks mas, salam kenal dari Surabaya

  9. 3 Januari 2010 pukul 18:10

    makasih Om…
    masalah tag, emang ngaruhnya kya gimana yah..?
    kurang paham😀

    tag bisa menuntun pembaca atau pencari masuk blog kita kan

  10. Mc
    27 Januari 2010 pukul 12:40

    Nice Tips.. Trims

    Thank you bro

  11. 27 Januari 2010 pukul 21:12

    wah tips yang bagus,,, masalahnya saya kurang ngerti yg submit blog d google atau yahoo tu mksdx gmn pakdhe??

    kita mendaftarkan ke Google dan Yahoo mbak, juga ke MSN..ada kok.

  12. 27 Januari 2010 pukul 21:56

    memang sih, stiap blogger selalu mengharap page rangking nya naik terus, kalau itu terjadi, wah senengnya…!
    tp urusan satu itu, kalau cuman naik, ga bakal jadi, naik turun baru mantap

    hhhm, jangan ngeres ya

    maksudne nimba air di sumur

    makin ngeres katanya lebih sip..gak licin

  13. 7 Juni 2010 pukul 20:57

    dicoba ni

    silahkan mas

  14. 17 Juli 2010 pukul 21:13

    mantab!!!

    sadaf

  15. 6 Desember 2010 pukul 17:36

    thanks atas tips nya

    sama2 bang

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: