Muhasabah Akhir Tahun

Hari ini tentu banyak orang yang ingin merayakan pergantian tahun dengan caranya masing-masing. Ada yang ketempat hiburan dan ada pula yang pergi ketempat-tempat peribadatan. Tak sedikit pula yang tak terpengaruh dengan adanya pergantian tahun karena bagi mereka semua tahun sama, tinggal bagaimana kita mengisinya.

Setiap ganti tahun berarti umur kita semakin bertambah dan dengan sendirinya jatah umur kita semakin berkurang. Lalu bagaimana kita memanfaatkan sisi umur itu ? Kita semua tentu berharap agar semakin hari hidup dan kehidupan kita semakin baik, semakin sehat, semakin kaya dan semakin bahagia.

Untuk mendapatkan kesehatan yang prima, kesejahteraan yang baik dan kebahagiaan yang hakiki tentu diperlukan upaya-upaya disamping juga berdoa. Tanpa upaya dan doa maka apa yang kita inginkan hanya terhenti pada keinginan belaka.

Jadi mari kita isi hidup dan kehidupan kita dengan hal-hal yang positif, bermanfaat bagi diri kita, bermanfaat bagi keluarga dan bermanfaat  bagi  orang lain.

Iklan

Penulis: Pakde Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi. Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway. Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

10 thoughts on “Muhasabah Akhir Tahun”

  1. Tahun ini hampir usai terlalui, belumlah tergores coretan berarti, belumlah setiap gagasan menjadi nyata, konsep masih terdokumenkan. Padahal telah berada dipenghujung, meski akan terlewati, semoga ada perubahan, dalam lembaran baru. Selamat tahun baru 2010 M. semoga tetap membagi informasi dan wawasan serta mempererat ukhuwah

    Semoga kita sehat dan sukses

  2. Renung jiwa saat malam berganti siang
    Awan biru seakan tak mau berpisah
    Angin pun bertiup ungkapkan sebuah hasrat
    Burungpun ingin berenang bersama ombak
    Pasir tak mau terpisahkan oleh pantai
    Semua ingin menatap hari esok
    Suara riuh gundah sepanjang malam
    Menyambut suasana haru yang terdalam
    Akankah hadirku membawamu terbang
    Lambaian tanganku menemani langkahmu
    Peluk eratku mendekap kehadiranmu
    Tahun yang lalu adalah guruku
    Tahun yang akan datang adalah asaku

    Ruang Hati Berbagi
    ===============
    http://ruanghati.com

    terima kasih atas puisi yang indah

  3. Salam Takzim
    Pakde, selama memberika komentar saya kurang santun, ditahun 2010 saya akan perbaiki pakde, Selamat Tahun Baru ya Pakde
    Semoga Kluwung semakin disukai seperti saudaranya BlogCamp
    Salam Takzim Batavusqu

    Mas Isro kalau berkomentar santun sekali kok…

Komentar ditutup.