Beranda > trik dan tip > Pagerank dan Traffic Rank Untuk Apa ?

Pagerank dan Traffic Rank Untuk Apa ?

5 Januari 2010

Itu yang ditanyakan oleh beberapa sahabat ketika banyak blogger yang membuat ulasan tentang pagerank dan traffic rank. Sayapun pada awalnya tak mengetahui bahkan bertanya-tanya tentang kedua hal tersebut. Dengan berjalannya waktu dan setelah mempelajarinya dari buku dan artikel di blog para sahabat akhirnya sedikit demi sedikit saya mengetahuinya.

Pagerank dan trafiic rank secara gampangnya adalah derajat kualitas suatu blog. Jika Google pagerank diukur dengan menggunakan angka dari o sampai 10 maka trafiic rank diukur dari angka besar sampai angka kecil. Blog dengan PR 3/10 berarti lebih bagus dari blog ber PR 1/10. Lebih bagus disini harus diartikan menurut ukuran Google, bukan ukuran kualitas artikel atau tampilan blognya. Sebaliknya, Blog dengan traffic 500.000 lebih baik daripada Blog dengan traffic 2500.000. Ini juga ukuran menurut versi Alexa.com, bukan diukur dari kualitas artikel maupun tampilan blog.

Lalu apa gunanya ? Bagi blogger yang tidak  melakukan monetize blog maka pagerank dan traffic rank hanyalah merupakan kebanggaan, gengsi dan kesenangan belaka. Tak jauh beda dengan plat nomor mobil cantik misalnya L 1 SA atau B 3 DA, atau nomor hp 811111188, misalnya. Tetapi bagi blog yang digunakan untuk mencari uang maka PR dan taffic menjadi sangat penting karena keadaan PR dan traffic rank menjadi pertimbangan bagi para sponsor dan pemasang iklan. Tak heran jika ada blogger yang klimpungan manakala PR blognya tiba-tiba anjlog.

Secara umum, para blogger biasanya berusaha semaksimal mungkin agar PR dan traffic rank blognya semakin baik.

  1. 18 Agustus 2010 pukul 22:19

    trafick rank saya awalnya no data trs jadi 18jt, tp saya blm paham thtg trafick rank itu, mohon petunjuknya..^^

    traffick rank dihitung secara akumulatif antara visitor (jumlah pengunjung) dan dan pageview (mereka yang mengklik atau membaca artikel)

  2. 19 Agustus 2010 pukul 20:51

    Page rank memang jadi sesuatu yang sangat diidolakan para blogger. Cara efektifnya bagaimana ya? Bagi yang ngeblog bukan untuk monetize sih cuma gengsi-gengsian, padahal jika page range tinggi alamat uang datang.

    kalau blog gratisan agak sulit monetizenya
    blog saya ini PR 4 gak bisa digunakan untyk cari dolar

  3. 30 Oktober 2010 pukul 02:13

    Makasih Mas….
    Dengan begini saya tahu perbedaannya….

  4. 4 November 2010 pukul 15:41

    Salam kenal ya.., numpang blajar mengenai pr dan mamfaatnya, maklum nih aq masi newbie dan masi awam dengan arti pr. Makasih sharenya yg tlah menambah pengetahuan aq..

Comment pages
  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: