Beranda > Kiat > Gajian

Gajian

1 Maret 2010

Tanggal 1 Maret. Pada umumnya para pegawai negeri, termasuk anggota TNI dan Polri serta para pensiunan ( saya juga) akan menerima gaji. Bahkan kantor atau perusahaan non pemerintah mungkin sebagaian juga membayarkan gaji pegawainya pada hari ini.

Ketika suatu hari saya melihat anak-buah yang asyik menghitung uang gaji yang baru saja diterima saya langsung komentar : ” weee..banyak amat gajinya mbak “. Kontan dia menjawab sambil ngakak : ” Malah bingung pak ngaturnya, banyak pengeluaran “. Wahhh…si mbak ini tentu mempunyai putra-putri yang masih sekolah atau kuliah, mempunyai kreditan sepeda motor atau rumah yang harus dibayar.

Banyak buku atau majalah yang menurunkan artikel tentang upaya mengatur keuangan agar selamat sampai akhir bulan. Para penulis umumnya menyarankan agar membagi gaji yang diterimanya kedalam pos-pos sesuai skala prioritas. Biasanya pos belanja harian diletakkan pada urutan pertama karena menyangkut urusan perut. Disusul pos untuk pendidikan, Cicilan (kalau ada), kesehatan, dan mungkin ditambah pos rekreasi , pos tabungan, dan pos biaya tak terduga alias pos cadangan.

Dalam prakteknya, pos kesehatan, tabungan dan pos biaya tak terduga sering amblas karena diambil untuk memenuhi keinginan yang lain. Maklum, keinginan sering kali mengalahkan kebutuhan.

Apakah anda juga membuat amplop pos-pos tersebut ??

Kategori:Kiat Tag:, ,
  1. 1 Maret 2010 pukul 09:14

    Selamat gajian bagi yang menerima hari ini.
    Yang belum-seperti saya juga- ya sabar menunggu
    Salam hangat dari Surabaya

  2. 1 Maret 2010 pukul 09:44

    ga bikin.. xixixiiii
    maunya sih bikin, tp panjang lah cerita nya
    heheheeee

  3. 1 Maret 2010 pukul 10:14

    Keinginan sering mengalahkan kebutuhan.
    Alangkah indahnya hidup ini manakala kita merasa cukup dengan apa yang ada tanpa berusaha meraih apa yang tidak mungkin kita gapai.

  4. 1 Maret 2010 pukul 13:14

    kalo saya, gaji satu bulan suka amblas sebelum akhir bulan. Lha kebutuhan mendadak suka iseng nylonong buat ngrogoh isi dompet simpanan.

    jadi terkadang saya, istri dan anak harus super ngirit kalo sudah menipis. Takut ngutang, Pakdhe😀

  5. 1 Maret 2010 pukul 17:04

    Belum gajian dhe. Kalau saya sebenernya dah bikin dhe. Cuma itu tadi keinginan mengalahkan kebutuhan.😀

  6. 2 Maret 2010 pukul 04:08

    Saya sih belum pake pos2 gitu, Pakdhe…
    Biasanya tiap bulan saya menyelesaikan tagihan2 dan perawatan motor di awal bulan, setelah itu sisa gaji saya masukin di bank. Baru deh ditarik perlahan-lahan lewat atm untuk belanja… (ini yang gawat, bisa2 nggak berasa)

    walau tak tersurat, tapi dalam pikiran kita kan sudah membuat pos. kalau telat mbayar tagihan kan bisa kena denda, nah itu pos nomer 1 karena sifarnya harus. Traktir teman itu urusan nomer 513 lah.

  7. 2 Maret 2010 pukul 08:53

    pakde, bagaimna sih cara bikin pos2 pengeluaran yg benar, selama ini saya gak pernah bikin….ckp dimasukan ke bank. tinggal ambil tiap ada keperluan…tp tiap akhir bln pasti gak pernah ada sisa he he

    yang penting ada skala prioritas, mana yang akan menentukan hidup kita ha ha ha ha. Kredit rumah kan nggak bisa ditunda mbayarnya, nah itu tentu masuk priority one, sebab kalau kita telat akan kena denda. Soal piknik itu kan ada yg tak harus mengeluarkan biaya, misalnya piknik ke halaman belakang ha ha ha ha.

  8. 2 Maret 2010 pukul 17:15

    wah gajian neh bagi yang belum keja bisa lihat-lihat di blog saya

    silahkan, siapa tahu ada yang cocok

  9. 2 Maret 2010 pukul 21:04

    selamat menerima gaji dan jangan lupa sedekah …

    benar bang, ada jatah orang lain di gaji kita

  10. 3 Maret 2010 pukul 01:24

    tanggal satu. baru dapet gaji, langsung ludes.. hahah.
    ksian lihat papa-mama.

    by the way om.. link blog aku di list om salah om T__T (list huruf R)
    jadi sedih. apa gara-gara aku yang salah ngatur link di profil ya om?

    [ang bener itu “http://rarerorurinrin.wordpress.com”
    ampun om, malah ngasih tau di sini. habisnya di link section ga bisa komen xD..

    Wah, inilah kalau sudah tuwir masih ngeblog, salah nulis mulu. maaf, segera saya ganti. thanks sudah diingatkan.

  11. 4 Maret 2010 pukul 12:57

    Kalo saya nunggu gaji dari suami aja pakdhe….🙂
    Apa kabar pakdhe? Maaf baru mampir sini lagi niy…..

  12. 5 Maret 2010 pukul 14:48

    aku nda dhe,belum,pas 9ajian lan9sun9 kirim ke ibu wat bayar arisan😀
    selebihnya,simpen wat jalan2

    dan sisihkan wat yan9 berhak..

    klu abis minta ama kakak heheh

  13. 6 Maret 2010 pukul 19:25

    kalau saya sih wajib tuh PakDhe utk pos2 yg utama dulu, biasanya biaya tak terduga itu semisal ada undangan atau yg ulang tahun baru deh keluar, kalau gak, ya alhamdulillah bisa jadi tabungan.
    salam.

  14. 8 Maret 2010 pukul 22:53

    Ditabung gajinya secara masih numpang sama ortu. Tapi… rengekan adik-adik buat beli buku kuliah n kursus ini itu jadinya gak jadi nabung😛

  15. 9 Maret 2010 pukul 10:06

    nyoba kirim komentar pagi-pagi gini. 03:06

  16. 10 Maret 2010 pukul 06:59

    Salam Cinta Damai & Kasih Sayang… 23:59 blog walking plugin can be downloaded blog-walk.com

  17. 10 Maret 2010 pukul 11:40

    Salam Takzim
    Urusan pengaturan keuangan dan tata lokasi saya serahkan sama devisi keuangan pakde yaitu istri saya, saya mah sangat sangat percaya dengan beliau, karena saya boros xixixixi
    Salam Takzim Batavusqu

    benar mas, istri lebih bisa ngaturnya

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
