Harpitnas

Harpitnas adalah suatu sitilah yang bernuansa canda dan merupakan singkatan dari Hari Kejepit Nasional. Maklum kala itu banyak karyawan atau pegawai yang memanfaatkan hari kejepit untuk tidak masuk kantor.

Hari yang dijepitkan biasanya Sabtu dan Senin artinya jika hari Jum’at ada tanggal merah maka hari Sabtu mereka juga tidak masuk kerja. Dan jika hari Selasa ada libur resmi maka hari Senin dijepitkan sebagai alasan untuk mbolos.

Kejadian ini tentu kurang menguntungkan dari segi disiplin dan produktifitas kerja. Akhirnya dibuatlah kebijaksanaan yaitu menggeser hari libur tersebut kehari kejepit. Jika hari libur resmi jatuh pada hari Selasa maka digeser menjadi hari Senin. Dengan demikian maka karyawan atau pegawai bisa libur dari hari Minggu sampai Senin secara sah. Demikian pula jika liburnya jatuh pada hari Jum’at maka liburan tersebut digeser menjadi hari Sabtu. Penggeseran ini tentu tidak dilakukan pada tanggal 17 Agustus.

Dengan adanya kebijakan baru dikalangan beberapa instansi yang memberlakukan hari Sabtu sebagai hari libur  saya tidak tahu apakah menggeser hari kejepit tersebut masih dilakukan. Maklum saya tiap hari tidak ke kantor lagi sehingga tidak mengenal harpitnas.

Iklan

Penulis: Pakde Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi. Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway. Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

12 thoughts on “Harpitnas”

  1. Selamat Pagi Pak Dhe,
    kalo geser-menggeser juga biasa terjadi di kampus Pak Dhe, biasanya dosen yg ngajar waktu harpitnas dilobi untuk pindah hari. jadi bisa mudik lbh lama… 😀

    kerjasama yg baik

  2. Kayaknya di sekolah nih PakDe yang berlaku Harpitnas…
    banyak siswa yang nambah liburannya pada hari sabtu kalau Jumatlagi libur.
    Tapi gurunya nggak bakalan, karena disini langsung kena sanksi.

    guru kan harus jadi panutan bang

  3. di kantor saya pada masa krisis ekonomi dulu, pas harpitnas biasanya diliburkan. utk ngirit biaya operasional 😛

    sama2 enak ya mas

  4. Urusan hari ini selesai hari ini yang diterapkan di swasta jadi terganggu gara-gara adanya libur hari sabtu apalagi ditambah hari libur kejepit!

    benar ya mas-ada ruginya

  5. kalau di pinrang habis libur begitu biasa langsung disidak pakdhe jadi ketahuan guru atau pegawai yang suka bolos

    kayaknya daerah lain ada juga yg melakukannya

  6. dikantor saya… eleh.. anak murid saya, meski jumat libur, sabtu tetap sekalolah pakde, saya jarang libur di harpitnas, dan gak main undur-undur….

    disiplin jangan karena ada aturan

    tapi disiplin dari diri sendiri yang harus di kembangkan pakde

    I like your statement honey

  7. Ojo sembrono…Jo melu melu ora sembodo…Mengko malah sengsoro. Khusus waktu hari kejepit lho pakdhe,ga usah mbolos kalau seharusnya masuk

    benar mas-saya dah gak mbolos lagi kok

Komentar ditutup.