Beranda > Opini > Sumpah Pemuda Jangan Sampai Ternoda

Sumpah Pemuda Jangan Sampai Ternoda

28 Oktober 2010

Sebagian besar bangsa Indonesia tentu sangat hafal bunyi Sumpah Pemuda yang dikumandangkan pada tanggal 28 Oktober  puluhan tahun yang lalu. Inti dari sumpah adalah pernyataan bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu yaitu Indonesia.

Pernyataan diatas menunjukkan suatu keinginan yang kuat dari para pemuda untuk mewujudkan suatu persatuan Indonesia walaupun diantara mereka terdiri dari berbagai suku bangsa dan menggunakan aneka bahasa daerah masing-masing. Sumpah pemuda pada hakekatnya merupakan suatu perekat agar keanekaragaman suku,budaya,agama dan bahasa itu tidak menimbulkan perpecahan diantara sesama anak bangsa.

Kiranya para pemuda yang hidup pada jaman kini, jaman yang sudah merdeka ini perlu menjadi penjuru dalam mengokoh-kuatkan persatuan Indonesia. Hal-hal sepele, senggol-senggolan pada saat menonton show musik misalya, jangan hendaknya berkembang menjadi tawuran masal yang dapat mengoyak persatuan dan kesatuan. Demikian pula pada acara pertandingan  olahraga, pilkada dan even-even lainnya, kasus perkelahian dan atau perkelahian masal yang sering mewarnai kegiatan tersebut hendaknya dicegah. Sekali lagi, para pemuda perlu berdiri dibarisan paling depan untuk mempersatukan bangsa besar ini.

Meskipun dalam skala kecil, BlogCamp berusaha mengajak seluruh anak bangsa untuk memupuk nilai-nilai persatuan, antara lain melalui Kontes Iklan Indonesia Bersatu.

.

  1. munir ardi WP
    28 Oktober 2010 pukul 07:15

    jangan lagi ada kerusuhan pertikaian , sadarlah wahai pemuda Indonesia

  2. 28 Oktober 2010 pukul 10:53

    Saya nggak yakin Pakde kalau anak muda sekarang banyak yang hafal bunyi Sumpah Pemuda.

  3. 28 Oktober 2010 pukul 18:28

    bener mas…ane setuju…..

  4. 29 Oktober 2010 pukul 01:06

    Implementasi dalam kehidupan keseharian bagi next generasi termasuk diri kita bagi isi sumpah pemuda harus ditinjau ulang kembali (intropeksi diri)

    Salam ~~~ “Ejawantah’s Blog”

  5. 29 Oktober 2010 pukul 07:31

    Duduk berdampingan sambil sedakep lebih oke lagišŸ˜€

  6. 30 Oktober 2010 pukul 09:46

    kalau yang masih sekolah sih masih mngkin inget. coba yang udah pada kerja masih pada inget nggak..?

  7. 7 November 2010 pukul 22:14

    sudah seharusnya….wajib militer atau pendidikan dasar militer diwajibkan kepada lulusan perguruan tinggi atau SMA kalau perlu supaya lebih banyak belajar untuk mencintai tanah airnya. Peranan media saat ini sangat kuat dan mampu membuat dampak yang sangat signifikan terhadap sebuah isue. Saatnya media membantu anak2 muda untuk dapat lebih menghargai bangsanya, setelah generasi (yang saat ini menjadi pimpinan2 di lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif) kita lihat gagal menjunjung tinggi nilai kepahlawanan yang dimiliki bapak2 bangsa dulu.

  8. 11 Desember 2010 pukul 08:57

    Masih Banyak Pemuda-Pemudi Indonesia yang bukan hafal sumpah pemuda nya tapi dengan Menunjukkan Akan hasil karyanya..seperti teman-teman yang yang ikut kontes ini..Sukses Brooo

    benar , uda adalah masa depan bangsa

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: