Beranda > Opini > Cara Mencari Rawon dan Ludruk di Surabaya

Cara Mencari Rawon dan Ludruk di Surabaya

24 Desember 2011

Cara Mencari Rawon dan RujakCara mencari rawon dan ludruk tentu berbeda.

Rawon bisa dengan mudah kita dapatkan dimana-mana, baik di warung tenda, warung biasa maupun di restoran. Sayuran berkuah warna cokat tua ini memang sangat terkenal karena enak rasanya. Harganyapun terjangkau karena makanan ini memang benar-benar makanan rakyat Jawa Timur dan bahkan juga telah dinikmati oleh saudara-saudara dari pulau di luar Jawa.

Suatu kali saya masuk ke sebuah warung di jalan Manyar Kertoarjo di samping kanan toko buku Gramedia. Salah satu menunya tertulis ” Black Soup”. Ketika saya tanya apa maksudnya “Black Soup” alias sup hitam,pemilik warung menjelaskan bahwa itu adalah rawon. Istilah black soup diberikan ketika dia membuka warung rawon di Australia agar orang sana faham maksudnya.

Jika kita bisa dengan mudah mencari nasi rawon, tidak demikian dengan mencari ludruk. Pentas ludruk yang dulu merajalela di Surabaya kini agak langka. Maklum orang yang dulu suka menanggap ludruk jika mempunyai hajatan dirumahnya, kini mereka lebih suka nanggap organ tunggal atau dangdhutan. “Lebih praktis, ekonomis dan tak butuh biaya banyak”, kata emak saya.

Demikian pula halnya ludruk yang dulu sering mengadakan pentas keliling dari kota yang satu ke kota yang lain kini juga sulit diketemukan. Tampaknya masyarakat sudah gandrung dengan acara-acara di televisi daripada harus mengeluarkan uang untuk membayar harga tiket masuk. Saya sering mencari informasi tentang pentas ludruk di Surabaya, namun hingga sekarang belum berhasil saya temukan. Pentas ludruk hanya ramai ketika ada Festival Ludruk.

Jadi, kemana saya harus nonton ludruk ? Jika saya kekangenan nonton ludruk sudah tak tertahankan, maka saya berteriak keras-keras ” Surabaya, aku rindu ludrukmu !”

Cara mencari rawon dan ludruk memang berbeda karena tingkat kesulitannya juga berbeda. Bagaimanapendapat sahabat ?

Kategori:Opini Tag:, ,
  1. NF
    10 Februari 2012 pukul 10:02

    cari rawon di madura aja pak, biasanya di jual pagi2 untuk sarapan hehe..

  2. NF
    10 Februari 2012 pukul 10:03

    cari rawon di madura aja pak, biasanya di jual untuk sarapan hehe

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
