Beranda > trik dan tip > Perlukah Komentar Blog di Moderasi ?

Perlukah Komentar Blog di Moderasi ?

6 Mei 2012

Perlukah Komentar Blog di Moderasi ? Pertanyaan seperti itu pernah diajukan oleh beberapa blogger kepada saya. Saya hanya menjawab secara umum saja bahwa blog memang milik pribadi dan oleh karenanya pemilik blog mempunyai wewenang penuh untuk melakukan atau tidak melakukan moderasi terhadap komentar yang ditulis oleh pengunjugnya. Namun demikian kenyaman pengunjung juga layak mendapat perhatian karena sesungguhnya ada pengunjung yang kurang senang jika komentarnya dimoderasi. Sementara pemilik blog juga memiliki alasan mengapa tindakan moderasi itu dilakukan.

Pada hakekatnya moderasi dilakukan guna mencegah komentar negatif yang bisa mengganggu kenyamanan pribadi pemilik blog atau pengunjung yang lain. Komentar tak senonoh, vulgar, bernada menghasut,gosip, fitnah dan sebangsanya tentu tak elok jika dibaca oleh orang lain yang umur, jenis kelamin dan kecerdasannya berbeda-beda. Dengan alasan itulah barangkali seorang blogger melakukan moderasi sebelum komentar itu tampil.

Moderasi komentar di blog dapat dilakukan secara masal, moderasi bersyarat dan moderasi hanya ditujukan untuk komentator perdana.

Cara moderasi komentar komentar pengunjung blog dapat anda simak di tipsjitungeblog.info

  1. 8 Mei 2012 pukul 11:20

    Terima kasih tips-nya, Pak Dhe. Ada nggak cara menyensor agar kata-kata kasar atau gak senonoh itu diubah otomatis dgn kata (karakter) lain?

    kita edit sendiri secara manual mas

  2. 8 Mei 2012 pukul 15:54

    kalau moderasi hanya ditujukan untuk komentator perdana caranya bagaimana pakde?
    diWordPress yang geratisan bisaKah?

    WordPress gratisan juga bisa di moderasi
    caranya :

    1. Masuk ke dashboard
    2. Klik Pengaturan/setting
    3. Klik : discussion/diskusi
    4. Centang kotak yang ada diantara tulisan ” sebelum komentar muncul (KOTAK) Penulis komentar harus mempunyai komentar yang disetujui sebelumnya”
    5. Klik Simpan/Perbarui.
    Komentar perdana akan di moderasi

    Untuk lengkapnya silahkan baca artikel saya di http://tipsjitungeblog.info/2012/05/05/cara-moderasi-komentar-pengunjung-blog/
    Sip

  3. 8 Mei 2012 pukul 20:16

    Pakde aku cuma memoderasi blog yg sekarang tidak diaktifkan. awalnya blog itu juga tak dimoderasi. Karena jarang berkunjung ke blog yg tak aktif itu dan untuk mencegah hal2 yg pakde sebutkan diatas aku moderasi deh..Tapi blog aktif evi indrawanto tak dimoderasi. Sebagai petualang antar blog, emang lebih menyenangkan berkunjung ke blog yg tak dimoderasi..:)

    saya juga senang berkunjung di blog yang di moderasi

  4. 8 Mei 2012 pukul 20:17

    Lah kok komentarku hilang?

    nyanthol jeng

  5. 10 Mei 2012 pukul 13:16

    moderasi penting pak de supaya kita bisa pilih2 komentar yg masuk.. biar gak banyak spam

    benar juga
    saya terapkan untuk blog tertentu

  6. 12 Mei 2012 pukul 07:55

    terimakasih
    infonya pak🙂
    salam kenal

    sama2 mas

  7. 12 Mei 2012 pukul 08:37

    Kalo saya sih moderasi komentar buat mencegah spammer yang komentarnya amat sangat OOT dan mengganggu.
    benar
    kadang hanya untuk jualan yak

  8. 12 Mei 2012 pukul 10:03

    bagi saya perlu, tapi khusus moderasi bagi rekan2 yang baru berkunjung utk pertama kalinya saja🙂

    itu juga yg saya lakukan mas

  9. 12 Mei 2012 pukul 11:25

    mau ga mau..komentar musti dimoderasi yaak…secara banyak spam yg lolos juga…

    ada benarnya

  10. 13 Mei 2012 pukul 08:58

    *Pakde blog nya banyak amat siiiih?*
    *bingung BW nya*

    Kalo menurut aku, ketika kita mem publish suatu postingan, dan membuka kolom komen,
    Itu artinya kita harus sudah menyiapkan mental untuk menerima segala kritikan…

    Blog aku biasa nya otomatis di moderasi sama detik untuk pengunjung yang belum pernah me masuk kan alamat email nya, karena dianggap spam…

    iya benar, kalau komentar gak senonoh ya tinggal hapus saja

  11. 13 Mei 2012 pukul 13:17

    moderasi perlu, tapi bagi yang sok sibuk (seperti saya) moderasi buang-buang waktu, biarlah komen masuk apa adanya…

    saya juga demikian mas

  12. 22 Mei 2012 pukul 08:55

    kalo menurut saya masih perlu kita moderasi secara manual,terlebih lagi di blogspot yang terbatas plugin nya buat moderasi komen spam,tapi kalo buat wordpress masih ada askismet yang secara otomatis bisa mendeteksi komen spam..trims n salam.

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
