Perlukah Komentar Blog di Moderasi ?

Perlukah Komentar Blog di Moderasi ? Pertanyaan seperti itu pernah diajukan oleh beberapa blogger kepada saya. Saya hanya menjawab secara umum saja bahwa blog memang milik pribadi dan oleh karenanya pemilik blog mempunyai wewenang penuh untuk melakukan atau tidak melakukan moderasi terhadap komentar yang ditulis oleh pengunjugnya. Namun demikian kenyaman pengunjung juga layak mendapat perhatian karena sesungguhnya ada pengunjung yang kurang senang jika komentarnya dimoderasi. Sementara pemilik blog juga memiliki alasan mengapa tindakan moderasi itu dilakukan.

Pada hakekatnya moderasi dilakukan guna mencegah komentar negatif yang bisa mengganggu kenyamanan pribadi pemilik blog atau pengunjung yang lain. Komentar tak senonoh, vulgar, bernada menghasut,gosip, fitnah dan sebangsanya tentu tak elok jika dibaca oleh orang lain yang umur, jenis kelamin dan kecerdasannya berbeda-beda. Dengan alasan itulah barangkali seorang blogger melakukan moderasi sebelum komentar itu tampil.

Moderasi komentar di blog dapat dilakukan secara masal, moderasi bersyarat dan moderasi hanya ditujukan untuk komentator perdana.

Cara moderasi komentar komentar pengunjung blog dapat anda simak di tipsjitungeblog.info

Iklan

Penulis: Pakde Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi. Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway. Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

12 thoughts on “Perlukah Komentar Blog di Moderasi ?”

  1. Terima kasih tips-nya, Pak Dhe. Ada nggak cara menyensor agar kata-kata kasar atau gak senonoh itu diubah otomatis dgn kata (karakter) lain?

    kita edit sendiri secara manual mas

  2. kalau moderasi hanya ditujukan untuk komentator perdana caranya bagaimana pakde?
    diWordPress yang geratisan bisaKah?

    WordPress gratisan juga bisa di moderasi
    caranya :

    1. Masuk ke dashboard
    2. Klik Pengaturan/setting
    3. Klik : discussion/diskusi
    4. Centang kotak yang ada diantara tulisan ” sebelum komentar muncul (KOTAK) Penulis komentar harus mempunyai komentar yang disetujui sebelumnya”
    5. Klik Simpan/Perbarui.
    Komentar perdana akan di moderasi

    Untuk lengkapnya silahkan baca artikel saya di http://tipsjitungeblog.info/2012/05/05/cara-moderasi-komentar-pengunjung-blog/
    Sip

  3. Pakde aku cuma memoderasi blog yg sekarang tidak diaktifkan. awalnya blog itu juga tak dimoderasi. Karena jarang berkunjung ke blog yg tak aktif itu dan untuk mencegah hal2 yg pakde sebutkan diatas aku moderasi deh..Tapi blog aktif evi indrawanto tak dimoderasi. Sebagai petualang antar blog, emang lebih menyenangkan berkunjung ke blog yg tak dimoderasi..:)

    saya juga senang berkunjung di blog yang di moderasi

  4. bagi saya perlu, tapi khusus moderasi bagi rekan2 yang baru berkunjung utk pertama kalinya saja 🙂

    itu juga yg saya lakukan mas

  5. *Pakde blog nya banyak amat siiiih?*
    *bingung BW nya*

    Kalo menurut aku, ketika kita mem publish suatu postingan, dan membuka kolom komen,
    Itu artinya kita harus sudah menyiapkan mental untuk menerima segala kritikan…

    Blog aku biasa nya otomatis di moderasi sama detik untuk pengunjung yang belum pernah me masuk kan alamat email nya, karena dianggap spam…

    iya benar, kalau komentar gak senonoh ya tinggal hapus saja

  6. moderasi perlu, tapi bagi yang sok sibuk (seperti saya) moderasi buang-buang waktu, biarlah komen masuk apa adanya…

    saya juga demikian mas

  7. kalo menurut saya masih perlu kita moderasi secara manual,terlebih lagi di blogspot yang terbatas plugin nya buat moderasi komen spam,tapi kalo buat wordpress masih ada askismet yang secara otomatis bisa mendeteksi komen spam..trims n salam.

Komentar ditutup.