Beranda > trik dan tip > Cara Belajar Menghadapi UAN

Cara Belajar Menghadapi UAN

18 November 2012

Cara Belajar Menghadapi UAN ini utamanya ditujukan kepada para pelajar kelas 3 SMP atau SMU/SMK yang tidak lama lagi akan menghadapi ujian akhir nasional. Sebagaimana namanya, setiap menghadapi ujian maka semua pikiran  dan kegiatan harus terfokus ke sana karena hasil ujian itu akan menentukan apakah para pelajar akan meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau harus mengulang lagi selama 1-2 tahun. Jika yang terakhir itu terjadi maka berarti pelajar yang bersangkutan akan rugi, baik waktu, tenaga maupun biaya. Oleh karena itu belajar dengan giat disertai doa yang tak putus-putus merupakan keharusan.

     Ujian apapun menganut prinsip “apa yang diajarkan itulah yang diujikan”. Oleh karena itu pelajaran yang telah diberikan oleh guru dan termasuk yang akan diujikan harus benar-benar dikuasai dengan baik. Gaya “baru belajar ketika besok akan ujian” harus ditinggalkan dan diganti dengan gaya “belajar setiap hari”, ada atau tidak ada ulangan.

     Seperti biasaya, menjelang Ujian Akhir Nasional, toko buku banyak menjual aneka buku yang berisi panduan menghadapi UAN. Buku tersebut antara lain berisi ringkasan pelajaran, himpunan rumus-rumus, himpunan soal-soal ujian tahun-tahun sebelumnya serta cara menjawab soal ujian baik pelajaran sosial maupun matematika. Dengan adanya buku-buku tersebut memudahkan para pelajar mengenal medan ujian.

Berikut disampaikan cara belajar menghadapi UAN.

1. Perhatikan dengan benar penjelasan guru di kelas. Hindari bercakap-cakap, bersenda gurau atau sms-an dalam kelas pada saat pelajaran berlangsung.

2.  Baca kembali dan fahami materi pelajaran  tersebut ketika sudah istirahat di rumah masing-masing.

3.  Kerjakan PR (pekerjaan rumah) segera agar apa yang sudah dijelaskan di kelas tidak terlupakan.

4.  Buat ringkasan pelajaran sesuai gaya dan selera masing-masing.

5.  Tempelkan rumus, singkatan pelajaran di tempat yang mudah dilihat, misalnya di dinding atau pintu toilet, di dinding atau pintu kamar tidur dan lain sebagainya.

6. Ringkasan pelajaran yang dibuat pada kertas gulungan kecil-kecil juga bisa dimasukkan kantong baju atau celana sehingga dapat dibaca di manapun ada kesempatan.

7. Berdoa setelah selesai belajar agar diberi kejernihan berfikir, daya ingat yang baik dan kemudahan dalam menjawab soal-soal ujian.

.

Cara Belajar Menghadapi UAN ini untuk melengkapi tips yang sudah banyak bertebaran di dunia maya maupun di dunia nyata.

  1. 20 November 2012 pukul 08:58

    Aamiin, berdoa selesai pakde. mudah2an ujiannya lancar

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: