Latihan Bela Diri Bagi Wanita

Latihan Bela Diri Bagi WanitaLatihan bela diri bagi wanita tampaknya cukup penting untuk melindungi diri mereka dari berbagai tindak kejahatan ketika berada di tempat umum. Manfaat latihan ini antara lain:

1. Melindungi diri dari usaha dan kegiatan pelecehan seksual dan tindakan tidak senonoh lainnya.

2. Mempertahankan diri dari usaha dan kegiatan pecopetan, penjambretan, perampokan dan sejenisnya.

3. Melindungi diri dari usaha dan kegiatan penculikan baik bermotif materi, dendam, dan motif non kebendaan lainnya.

4. Mencegah kekerasan dalam rumah tangga.

5. Membantu orang lain yang sedang berada dalam keadaan bahaya jika keadaan memungkinkan.

Latihan yang dipilih hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan, tidak terlalu berat tetapi efektif dan efisien. Para wanita bisa memilih latihan bela diri judo, karate, taekwondo, tinju, silat, kickboxing dan lain sebagainya. Sekali lagi pilih beladiri yang berada dalam jangkauan kemampuannya.

Kemampuan bela diri ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk self defence (mempertahankan/melindungi dirinya sendiri dari tindakan kejahatan/kekerasan dari pihak lain) bukan dimanfaatkan untuk melakukan tindakan terlarang. Penerapan bela diri seyogyanya hanya untuk melumpuhkan pelaku kejahatan bukan untuk mematikannya.

Wanita yang memiliki kemampuan bela diri bahkan bisa menjadi atlit nasional jika mereka berlatih secara terus-menerus dan sungguh-sungguh.

Iklan

Penulis: Pakde Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi. Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway. Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik