Beranda > Buku > Flash News: Telah Terbit Buku Dahsyatnya Ibadah Haji

Flash News: Telah Terbit Buku Dahsyatnya Ibadah Haji

18 September 2014

Dahsyatnya Ibadah HajiJudul : Dahsyatnya Ibadah Haji, Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah

Penulis: Abdul Cholik

Penerbit: PT.Elex Media Komputindo

Tahun : 2014

ISBN: 998141907

978-602-02-4810-3

Jumlah halaman: ix+233 halaman

Buku dapat dibeli di toko buku Gramedia dan toko buku lainnya di kota Anda.

Anda juga dapat membeli buku ini secara online di gramediaonline.com , Grazera.com

==

Sinopsis

 

Buku ini berisi kisah perjalanan ibadah haji yang dilakukan penulisnya. Diawali semenjak persiapan, saat mendaftarkan diri untuk menjadi calon jamaah haji, proses manasik haji, ketika di asrama haji, maupun saat keberangkatannya. Secara sistematis dan berurutan kemudian diceritakan aktivitas selama di tanah suci, baik itu pengalaman beribadah sesuai dengan yang disyariatkan, maupun pengalaman sehari-hari yang penting untuk dicermati, hingga kepulangan kembali ke tanah air.

Secara umum, dalam buku ini diceritakan tahap demi tahap pelaksanaan ibadah haji yang disertai gambar keadaan dan kegiatan yang mencakup:

  1. Ibadah tawaf, sa’i, tahallul.
  2. Pelaksanaan wukuf di Arafah dan mabit di Muzdalifah.
  3. Menetap di Mina dan ibadah lempar jumrah.
  4. Tawaf wada’.
  5. Kegiatan di Madinah, termasuk shalat arbain.
  6. Ziarah dan rekreasi di Makkah, Madinah, dan Jeddah.

Beberapa tips juga diberikan agar para calon jamaah haji mendapat tambahan ilmu pengetahuan praktis berdasarkan pengalaman penulis.

==

Komentar Terhadap buku ini.

 

Tidak lengkap rasanya jika ingin naik haji sebelum membaca buku ini. Informasinya lengkap, mulai dari hal yang wajib hingga hal yang tak terpikirkan oleh siapa pun. Dan aku suka baca penuturan seorang Pakde Cholik yang ringan, sederhana, tapi bikin betah baca buku ini sampai tuntas. Rekomendasi banget.

[Ade Anita, blogger, penulis novel islami/tulisan inspiratif]

Seperti membaca sebuah novel yang memikat, kadang saya tergelak tawa, di bagian tertentu saya juga menangis sepenuh rindu. Itulah sejujurnya pengalaman saya kala membaca buku ini. Padahal, ini bukan buku novel atau fiksi. Ini adalah pengalaman nyata Pakde Cholik saat menunaikan ibadah haji di tanah suci. Ini artinya apa? Berarti Pakde Cholik berhasil menuliskan kembali pengalaman ibadah hajinya sekaligus dengan “ruh”-nya.

Pakde menuliskan tahap demi tahap, karena ini perjalanan ibadah, tentu sesuai dengan yang disyariatkan, namun di sisi lain, Pakde berhasil dengan tepat menyisipkan “gaya suroboyoannya” pada bagian yang pas. Inilah mengapa membaca buku ini terasa asyik.

Sebagai serdadu yang banyak pengalaman di lapangan, bahkan di luar negeri, Pakde juga menerapkan pengalamannya dalam ibadah haji ini. Itulah tips-tips agar jamaah haji aman dan nyaman dalam beribadah di tanah suci menjadi penting untuk dicermati. Sebuah buku tentang haji yang berbeda dari yang sudah ada dan sungguh bermanfaat bagi pembaca maupun calon jamaah haji.

[Akhmad Muhaimin Azzet, penulis, editor freelance di beberapa penerbit buku, juga seorang blogger]

Banyak buku tentang panduan haji dan umrah yang diterbitkan, namun sangat sedikit ada buku panduan haji dan umrah berdasarkan pengalaman nyata penulisnya, salah satunya buku Dahsyatnya Haji~Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah karya H. Abdul Cholik ini. Bagi Anda yang akan berangkat beribadah haji untuk pertama kalinya, membaca buku ini akan sangat membantu memberikan gambaran yang cukup gamblang apa dan bagaimana tata cara beribadah haji, situasi di dua kota suci Makkah dan Madinah, tips-tips ringan selama berada di tanah suci, sampai kepada hal-hal sepele yang tidak boleh diabaikan oleh para jamaah haji.

Makkah selalu ngangeni. Membaca buku ini membuat saya semakin merindukan tanah suci. Sebelum kamu mengunjunginya, Makkah akan selalu menantimu. Ketika kamu meninggalkannya, Makkah akan selalu memanggilmu kembali. Selamanya….

[Guskar Suryatmojo, blogger dan penulis buku Srikandi Ngedan]

Dengan bahasa yang mengalir dan sesekali jenaka, selain mengajak para muslim dan muslimah mempersiapkan bekal istimewa beribadah haji, tulisan Pakde Cholik semakin membuka mata saya bahwa ibadah haji juga menguatkan cinta sepasang suami istri. Di antara sekian banyak hal yang menuntut kesabaran di sana, suami istri tetap harus saling menjaga dan memelihara. Buku ini sangat cocok dijadikan kado pernikahan atau kado dari suami kepada istri (dan sebaliknya), terutama bagi mereka yang ingin memantapkan hati untuk beribadah haji.

[Haya Alya Zaki, blogger dan editor]

Sedari lama saya berkeinginan dapat menunaikan ibadah haji. Membaca buku ini, semakin memperkuat keinginan tersebut. Apalagi Pakde Cholik menyajikan kisah perjalanan spiritual beliau itu dengan santai, seru, dan mengasyikkan disertai tips-tips praktis yang patut disimak dengan saksama. Membaca kisah Dahsyatnya Haji~Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah membuat saya benar-benar menangis.

[Hardi Vizon, blogger, Yogyakarta]

Siapa di antara kaum muslim yang tidak ingin pergi berhaji ke tanah suci?

Kita semua tentu maklum, semua muslim pasti mengharapkan hal ini, mengunjungi rumah Allah Swt. di Makkah dan berdoa di masjid Rasulllah Saw., masjid Nabawi di Madinah.

Membaca buku Dahsyatnya Haji~Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah karya Pak Abdul Cholik (yang biasa dipanggil Pakde ini) , seolah membawa kita ikut menemani beliau dalam perjalanan spiritual ke tanah suci tersebut.

Kita merasakan kebahagiaan, keharuan, dan rasa syukur yang beliau alami sebelum, selama, dan setelah pulang kembali ke tanah air tercinta.

Seandainya buku ini bisa dijadikan “Buku Panduan Melaksanakan Ibadah Haji”, maka akan sangat membantu para calon jemaah haji kita dalam pelaksanaan ibadah haji mereka.

Karena, selain pengalaman batin yang indah dan mengharukan dari penulisnya, buku ini pun berisi beberapa tips yang sangat berguna selama menjalani ibadah haji dengan segala prosesinya.

Buku ini tidak hanya berisi kisah dan tips menarik berupa persiapan mental spiritual, namun juga kiat-kiat persiapan fisik yang prima yang sangat diperlukan dalam menjalani segala aktivitas di tanah suci tersebut.

Saya yakin, siapa pun yang membaca buku Dahsyatnya Haji~Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah ini, akan semakin mengerti betapa sebuah perjalanan wisata hati ke rumah-Nya, akan berhasil memetik hikmah yang banyak untuk kembali menata hati pada keimanan dan keislamannya.

Terima kasih banyak, Pakde, sudah menghadirkan buku ini bagi kami semua, sebagai sebuah ibadah yang insya Allah akan bernilai iman dan Islam yang luar biasa dari Allah Swt., karena besarnya karunia-Nya bagi Pakde dan keluarga.

[Lily Suhana, blogger (http://bundadontworry.wordpress.com), penulis buku Missing Religion (Sebuah Renungan)]

Membaca buku Dahsyatnya Haji~Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah buah karya H. Abdul Cholik ini, bagiku seperti kembali melakukan perjalanan religi nan penuh kesan itu. Beliau menuturkan pengalaman hajinya sejak persiapan/sebelum keberangkatan, selama di tanah suci, hingga pulang kembali ke tanah air, secara runtut dan rinci, hingga seolah kita terlibat langsung di dalam perjalanan itu.

Tips-tips praktis dalam perjalanan haji juga dituliskan dengan jelas dan apik. Sejak penandaan barang-barang pribadi hingga bagaimana mengelola “hajat penting” di Arafah dan Mina. Hal-hal yang tampaknya sepele, namun tepat guna dan akan memberikan kemudahan serta kenyamanan saat menjadi tamu Allah.

Demikianlah, saya bersyukur berkesempatan membaca buku ini, karena ini adalah buku spesial. Bukan sekadar catatan perjalanan biasa. Ada banyak kisah penuh hikmah yang dapat menjadi bekal penting bagi mereka yang sedang bersiap menuju tanah suci.

[Mechta Deera. blogger di Lalang Ungu (http://mechtadeera.wordpress.com), penulis buku Notes from Mecca]


 

  1. 19 September 2014 pukul 12:49

    selamat ya pakde bukunya sudah terbit lagi

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: